Dermaga Perigi Piai di Sambas Kembali Beroperasi, Penyeberangan Dilayani KMP Kerapu

Antara · Rabu, 24 Maret 2021 - 10:40:00 WIB
Dermaga Perigi Piai di Sambas Kembali Beroperasi, Penyeberangan Dilayani KMP Kerapu
KMP Kerapu melayani penyeberangan di Dermaga Perigi Piai, Sambas, Kalimantan Barat. (Foto: Istimewa)

SAMBAS, iNews.id - Dermaga Perigi Piai di Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat telah beroperasi normal setelah insiden kapal feri terbalik. Penyeberangan saat ini dilayani oleh KMP Kerapu. 

"Ada KMP Kerapu sebagai pengganti KMP Bili. Setelah datangnya KMP Kerapu, Dermaga Perigi Piai Sambas sudah beroperasi dengan normal dan lancar," kata Corporate Secretary PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin di Pontianak, Rabu (23/3/2021).

Insiden KMP Bili terbalik terjadi pada 21 Februari 2021. Namun evakuasi kapal baru dilakukan pada 1 Maret 2021 dan memakan waktu selama 16 hari. 

Shelvy menjelaskan, proses evakuasi muatan kapal dilakukan pada tanggal 1-7 Maret 2021. 

Dimulai dengan pengangkatan kendaraan dan muatan di atas kapal menggunakan alat berat sebanyak 2 unit. Berikutnya yakni proses evakuasi badan kapal yang dilakukan pada tanggal 8-16 Maret 2021. 
  
KMP Bili yang telah dievakuasi untuk sementara belum bisa beroperasi lagi dan sedang dalam perbaikan. PT ASDP Ferry mengganti KMP Bili dengan KMP Kerapu untuk melayani penyeberangan.

"Kami belum tahu kondisi kapal secara menyeluruh, jadi belum tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk perbaikan,"  ujarnya.

Editor : Reza Yunanto