Mulai April Polda Kalbar Terapkan Tilang Elektronik di 4 Polres Ini

Gusti Eddy · Rabu, 24 Maret 2021 - 08:38:00 WIB
Mulai April Polda Kalbar Terapkan Tilang Elektronik di 4 Polres Ini
Dirlantas Polda Kalbar Kombes Agus Dwi Hermawan menyampaikan keterangan soal penerapan tilang elektronik, Selasa (23/3/2021). (Foto: iNews/Gusti Eddy)

PONTIANAK, iNews.id - Polda Kalimantan Barat (Kalbar) baru akan menerapkan tilang elektronik pada April 2021. Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) itu akan diterapkan oleh empat polres.

"Untuk di Kalbar penerapan tilang elektronik pada 28 April 2021," kata Dirlantas Polda Kalbar Kombes Agus Dwi Hermawan di Pontianak, Selasa (23/3/2021).

Agus menambahkan Polda Kalbar akan memulai tilang elektronik di empat polres yakni Polresta Pontianak, Polres Kubu Raya, Polres Singkawang, dan Polres Ketapang.

"Kami berharap masyarakat Kalbar dapat mendukung penuh program ETLE ini," ujarnya.  

Dia menjelaskan ETLE atau tilang elektronik dapat menindak 10 pelanggaran lalu lintas. 

Sepuluh jenis pelanggaran itu yakni pelanggaran lampu merah, marka jalan, pelanggaran ganjil genap, menggunakan ponsel, melawan arus, tidak menggunakan helm, pelanggaran keabsahan STNK, tidak menggunakan sabuk pengaman dan pelanggaran pembatasan jenis kendaraan tertentu.

Sebelumnya Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo memimpin peluncuran ETLE di 12 Polda se-Indonesia. Dalam peluncuran itu sebanyak 244 kamera diresmikan penggunaannya.

Editor : Reza Yunanto