Duh, Pasien ISPA di Pontianak Meningkat Gegara Kabut Asap Karhutla

Uun Yuniar ยท Kamis, 04 Maret 2021 - 15:36:00 WIB
Duh, Pasien ISPA di Pontianak Meningkat Gegara Kabut Asap Karhutla
Puskesmas Kampung Bali, Pontianak. (Foto: iNews/Uun Yuniar)

PONTIANAK, iNews.id - Penderita infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) di sejumlah fasilitas kesehatan (Faskes) di Pontianak mulai meningkat. Hal itu terjadi karena kabut asap yang ditimbulkan dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Pontianak.

"Mulai ada peningkatan jumlah kunjungan dengan keluhan ISPA," kata Kepala Puskesmas Kampung Bali, Pontianak, Popong Solihat, Kamis (4/3/2021).

Dia menjelaskan, peningkatan jumlah kunjungan masyarakat dengan keluhan ISPA itu terjadi dalam dua pekan terakhir. Kualitas udara di Pontianak dan sekitarnya mulai memburuk karena semakin tebalnya kabut asap dampak karhutla.

"Dalam sehari kami bisa melayani sekitar 50 hingga 70 pasien dengan keluhan batuk dan sesak napas akibat kabut asap dampak karhutla," ujarnya.

Dia menambahkan rata-rata yang mengeluhkan sesak napas dan batuk akibat kabut asap dari kalangan orang dewasa. Jumlah tersebut adalah yang tercatat secara resmi. Dia menduga angkanya bisa lebih besar.

"Mungkin yang tidak dibawa ke puskemas jumlahnya lebih banyak lagi," katanya.

Dia pun mengimbau kepada masyarakat agar selalu menggunakan masker apabila ke luar rumah. Namun akan lebih baik mengurangi aktivitas di luar rumah apabila memang tidak perlu.

Editor : Reza Yunanto

Follow Berita iNewsKalbar di Google News

Bagikan Artikel: