Geram, Bupati Bengkayang Tindak Penambang Emas Ilegal di Sumber Air Bersih Sungai Intake

Antara ยท Kamis, 25 November 2021 - 10:43:00 WIB
Geram, Bupati Bengkayang Tindak Penambang Emas Ilegal di Sumber Air Bersih Sungai Intake
Bupati Bengkayang meninjau lokasi dampak penambangan emas tanpa izin (PETI) (Foto: Antara/Wati)

PONTIANAK, iNews.id - Bupati Bengkayang, Sebastianus Darwis menindak pelaku penambangan emas tanpa izin yang beroperasi di daerah aliran sungai Intake Madi. Diketahui jika aliran sungai itu sumber air bersih. 

"Intake Madi merupakan sumber air bersih bagi 7.000 masyarakat Kabupaten Bengkayang, terutama dua Kecamatan Lumar dan Bengkayang. Adanya aktivitas emas ilegal dapat merusak lingkungan dan air bersih. Aktivitas ilegal harus dihentikan dan pelaku harus ditindak. Kami sudah lakukan ritual adat di TKP itu dengan dasar agar tidak dilakukan aktivitas tersebut," ujarnya, Rabu (24/11/2021).

Dia menjelaskan sudah 18 tahun keberadaan air bersih Madi menjadi sumber air PDAM di Kabupaten Bengkayang. Tentu hal tersebut harus dijaga karena sebagai sumber kehidupan, selain itu juga sebagai tujuan wisata, perdagangan, ekonomi, dan sumber air bersih yang alami. Menurutnya, pemkab akan membenahi akses Intake Madi, baik infrastruktur jalan, jembatan, listrik, dan sarana prasarana lain termasuk objek wisata sebagai sumber pendapatan masyarakat sekitar.

"Aset yang mahal ini harus dijaga untuk kebutuhan warga dan kami tidak akan toleransi pelaku yang coba-coba untuk melakukan aktivitas di sekitar Intake Madi," ucap Darwis.

Darwis mengecam keras apabila ada aktivitas tambang emas terulang kembali di wilayah tersebut.

"Tidak ada toleransi hukum lagi, tindak tegas sesuai hukum yang berlaku," katanya.

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: