Gubernur Kalbar Minta Wali Kota Pontianak Buka Kawasan Baru, Untuk Apa?

Antara ยท Rabu, 23 Maret 2022 - 14:12:00 WIB
Gubernur Kalbar Minta Wali Kota Pontianak Buka Kawasan Baru, Untuk Apa?
Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji meminta Wali Kota Pontianak membuka kawasan baru untuk kebutuhan 20-30 tahun mendatang. (Foto: Instagram)

PONTIANAK, iNews.id - Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji meminta Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono membuka kawasan baru untuk permukiman. Kawasan tersebut dipersiapkan untuk kebutuhan 20-30 tahun mendatang.

"Karena Kota Pontianak dengan luas wilayah yang terbatas, yakni 107 kilometer persegi harus ada pengembangan kawasan baru," kata Sutarmidji di Pontianak, Rabu (23/3/2022).

Menurut Sutarmidji, Kota Pontianak dengan luas yang terbatas harus bisa menjawab kebutuhan untuk jangka waktu 20 hingga 30 tahun ke depan.

Adanya kawasan baru bisa mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Pontianak. 

Sutarmidji juga menyoroti infrastruktur di Kota Pontianak yang menurutnya 90 persen dalam kondisi mantap.

Namun, masih perlu beberapa pelebaran jalan seperti di Jalan Hasanuddin yang idealnya diperlebar tiga meter. Kemudian Jalan H Rais A Rahman dan Husin Hamzah juga diminta segera dituntaskan.

"Jalan Husin Hamzah di sisi kiri dan kanannya mesti dilebarkan lagi dua hingga tiga meter," kata mantan Wali Kota Pontianak dua periode ini.

Sutarmidji juga menyebut sektor pariwisata bisa menjadi tumpuan bagi Kota Pontianak. Dia mengusulkan potensi-potensi yang ada di Kota Pontianak harus dikembangkan terutama berkaitan dengan sektor pariwisata.

Dia mencontohkan Tugu Khatulistiwa yang menjadi ikon Kota Pontianak. Menurut Sutarmidji, kalau lahan di Tugu Khatulistiwa bisa diserahterimakan Kodam XII/Tanjungpura kepada Pemkot Pontianak, destinasi wisata di sepanjang Sungai Kapuas akan semakin menarik.

"Tinggal bagaimana menjaga Sungai Kapuas tetap bersih dan cantik," katanya.

Editor : Reza Yunanto

Follow Berita iNewsKalbar di Google News

Bagikan Artikel: