Gubernur Sutarmidji Minta Kontraktor yang Datangkan Buruh Positif Covid-19 Taat Aturan

Reza Yunanto ยท Rabu, 29 Juli 2020 - 10:50 WIB
Gubernur Sutarmidji Minta Kontraktor yang Datangkan Buruh Positif Covid-19 Taat Aturan
Gubernur Sutarmidji mengikuti diskusi daring Gugus Tugas Covid-19 pusat, Jumat (3/7/2020). (Antara)

PONTIANAK, iNews.id - Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) kesal dengan ulah kontraktor mendatangkan buruh bangunan asal Jawa Tengah yang ternyata positif terjangkit Covid-19. Dia meminta kontraktor tersebut mengikuti aturan atau akan diberikan sanksi.

"Bagi kontraktor yang mendatangkan tenaga kerja dari luar Kalbar harus mengikuti aturan. Kalau tidak, akan kita sanksi," tutur Sutarmidji dikutip dari laman Facebook pribadinya, Rabu (29/7/2020).

Sutarmidji sebelumnya sudah meminta proyek pembangunan pusat perbelanjaan di Kabupaten Kubu Raya tempat buruh bangunan positif tersebut bekerja, untuk ditutup sementara. Penutupan itu dilakukan agar virus corona yang menjangkiti buruh bangunan itu tidak menyebar lebih luas.

"Saya minta pekerjaan pembangunan tersebut disetop untuk 10 hingga 14 hari," ujarnya.

Sedangkan untuk pusat perbelanjaannya, Sutarmidji menyarankan untuk disemprot disinfektan sebagai langkah antisipasi penyebaran virus ke pengunjung.

"Tapi mall-nya cukup lakukan disinfektan, karena tidak ada jaminan mall tak terdampak dari kasus pekerja bangunan," ujar mantan Wali Kota Pontianak dua periode ini.

Sebelumnya, Dinas Kesehatan Kalbar membenarkan ada 16 buruh bangunan pusat perbelanjaan di Kabupaten Kubu Raya yang positif terjangkit Covid-19. Belasan pekerja itu diketahui positif terjangkit virus berdasarkan pemeriksaan di Pelabuhan Pontianak.

Mereka yang positif itu saat ini sudah menjalani karantina mandiri selama 14 hari. Sedangkan lokasi mereka bekerja telah ditutup sementara.

"Sementara ini kawasan sudah diminta untuk dipasang garis polisi," tutur Kepala Dinas Kesehatan Kalbar, Harisson.


Editor : Reza Yunanto