Jelang Lebaran, Pengawasan di Pintu Masuk Singkawang Diperketat

Antara ยท Rabu, 20 Mei 2020 - 14:57 WIB
Jelang Lebaran, Pengawasan di Pintu Masuk Singkawang Diperketat
Pengawasan di pintu masuk Kota Singkawang diperketat. (Antara)

SINGKAWANG, iNews.id - Pemerintah Kota Singkawang, Kalimantan Barat memperketat pengawasan di pintu masuk ke Kota Singkawang jelang Lebaran. Pengawasan mendapat bantuan dari personel TNI AD di Rindam XII Tanjungpura.

"Kegiatan ini bertujuan untuk melarang masyarakat melaksanakan kegiatan mudik Lebaran guna mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19," kata Danrindam XII/Tanjungpura, Kolonel Inf Agus Widodo di Singkawang, Rabu (20/5/2020).

Dia menjelaskan, pengawasan yang ketat di pintu masuk Singkawang ini juga untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat. Apalagi saat ini sedang berada pada kondisi pandemi Covid-19.

Dalam pelaksanaan pengawasan, petugas gabungan memeriksa penggunaan masker dan melaksanakan pengecekan suhu tubuh. Petugas gabungan juga mengingatkan agar masyarakat tidak mudik demi mencegah transmisi lokal.

"Petugas gabungan juga memberikan sosialisasi kepada masyarakat untuk tidak mudik dan imbauan untuk selalu memperhatikan protokol kesehatan," katanya.

Terkait upaya pencegahan, petugas gabungan juga melakukan patroli untuk mencegah terjadinya kerumunan di tempat-tempat keramaian publik. Bila ditemukan keramaian yang tidak penting, petugas akan memberi teguran.

"Kami mengingatkan untuk tidak berkumpul dan mendatangi tempat ramai dan jika tidak ada keperluan yang mendesak jangan keluar rumah," katanya.

Kota Singkawang telah ditetapkan sebagai salah satu zona merah penyebaran virus corona karena transmisi lokal di Kalbar. Dua daerah lainnya yaitu Kota Pontianak dan Kabupaten Ketapang.


Editor : Reza Yunanto