Jembatan di Seberuang Kapuas Hulu Rusak Nyaris Roboh, Penghubung 3 Kecamatan

Antara · Selasa, 18 Januari 2022 - 11:03:00 WIB
Jembatan di Seberuang Kapuas Hulu Rusak Nyaris Roboh, Penghubung 3 Kecamatan
Jembatan di Seberuang, Kapuas Hulu rusak dan nyaris roboh. (Foto: Arsip Kecamatan Seberuang).

KAPUAS HULU, iNews.id - Sebuah jembatan di Kecamatan Seberuang, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat rusak dan nyaris roboh. Jembatan tersebut berada di ruas jalan provinsi yang melewati Sungai Ranyai dan menghubungkan tiga kecamatan di Kapuas Hulu.

Camat Seberuang, Iyul mengatakan, jembatan dengan pondasi kayu itu sudah beberapa kal diperbaiki. Namun kerusakan kali ini cukup parah dan membutuhkan perbaikan yang permanen.

"Jembatan itu memang sudah sangat memprihatinkan dan beberapa kali telah diperbaiki," kata Iyul, Selasa (18/1/2022).

Iyul menjelaskan, posisi jembatan berada di bawah turunan jalan. Jembatan tersebut melintasi Sungai Ranyai. Kondisi itu membuat jembatan mudah rusak kendati berulang kali diperbaiki.

Perbaikan jembatan yang permanen menurutnya perlu dilakukan Pemkab Kapuas Hulu dan Pemprov Kalbar. Selain berada di atas aliran sungai, jembatan juga menghubungkan tiga kecamatan yaitu Seberuang, Semitau, dan Suhaid.

"Kita berharap ada perbaikan dan pembangunan jembatan secara permanen," ucap Iyul.

Menurutnya untuk perbaikan sementara akan dilakukan oleh CSR sebuah perusahaan perkebunan sawit. Namun masyarakat tetap berharap perbaikan yang permanen.

"Yang kita harapkan pembangunan permanen dari pemerintah, karena ruas jalan di jembatan itu merupakan jalan provinsi," ujarnya.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: