Kalbar Berlakukan Rapid Test Cepat Antigen untuk Penumpang Kendaraan Air

Antara ยท Kamis, 21 Januari 2021 - 18:57:00 WIB
Kalbar Berlakukan Rapid Test Cepat Antigen untuk Penumpang Kendaraan Air
Ilustrasi rapid test antigen. (Foto: Antara)

PONTIANAK, iNews.id - Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) akan memberlakukan tes cepat antigen kepada para penumpang kendaraan air di Pelabuhan Rasau Jaya, Kubu Raya dan Senghie, Pontianak. Tes cepat tersebut akan diberlakukan mulai Jumat (22/1/2021) besok.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar Barat Harisson mengatakan, pihaknya menjalin kerja sama dengan Satgas Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya untuk melaksanakan tes cepat antigen tersebut. 

"Penumpang yang datang dari Kabupaten Kayong Utara dan Ketapang yang menggunakan transportasi air wajib ikut tes cepat antigen," kata Harisson di Pontianak, Kamis (21/1/2021).

Harison mengatakan, untuk pelaksanaan tes cepat antigen tersebut, sejumlah petugas akan ditempatkan di Pelabuhan Rasau Jaya dan Senghie.

Adapun penumpang yang akan mendapatkan tes cepat antigen ini, mereka yang menggunakan kapal motor dan long boat dari rute Teluk Batang-Pontianak. Kemudian, Sukadana-Pontianak, Teluk Batang-Rasau Jaya, Teluk Melano-Rasau Jaya, dan Durian Sebatang-Rasau Jaya Jaya. 

"Untuk pemberiannya akan dilakukan secara acak," tuturnya.

Harisson menambahkan, pihaknya melakukan tes cepat antigen tersebut sebagai upaya membantu Satgas Kabupaten Kayong Utara yang selama ini kurang dalam melakukan testing dan penelusuran terhadap warga di Kabupaten Kayong Utara.

Editor : Maria Christina

Halaman : 1 2