Kapal Perintis di Kalbar Tetap Beroperasi Meski Ada Larangan Mudik

Uun Yuniar · Selasa, 04 Mei 2021 - 11:19:00 WIB
Kapal Perintis di Kalbar Tetap Beroperasi Meski Ada Larangan Mudik
Pelabuhan Sintete di Sambas, Kalimantan Barat tetap melayani pelayaran kapal perintis. (Foto: iNews/Uun Yuniar)

SAMBAS, iNews.id - Kapal perintis di Kalimantan Barat (Kalbar) tetap beroperasi meski ada larangan mudik. Namun penumpang wajib mengikuti pemeriksaan suhu tubuh saat tiba di tujuan.

Kapal perintis adalah angkutan laut yang melayani rute kawasan terpencil atau perbatasan. Salah satunya di Pelabuhan Sintete, Kabupaten Sambas.

Kapal perintis dari dan menuju pelabuhan tersebut tetap beroperasi seperti biasa dan tidak ada perubahan jadwal pelayaran.

"Pelayaran tetap buka, dan khusus kapal perintis tetap seperti semula," kata Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Sintete, As'ari di Sambas, Selasa (4/5/2021).

Menurutnya kapal perintis masih datang membawa penumpang dari beberapa pelabuhan di luar Kalbar. 
Meskipun pemerintah telah melarang mudik pada 6-17 Mei mendatang, kapal perintis di Pelabuhan Sintete tetap akan mengangkut penumpang.

Namun akan ada pemeriksaan terkait protokol kesehatan terhadap penumpang yang tiba di Pelabuhan Sintete. Pengukuran suhu tubuh dilakukan kepada seluruh penumpang untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19. 

Terkait jumlah kedatangan, pada Sabtu (1/5/2021) lalu, ada 250 penumpang yang datang dari Pelabuhan Serasan di Kepulauan Riau dan beberapa pelabuhan singgah lainnya.

Editor : Reza Yunanto