Kasus Covid-19 di Kalbar Melonjak, Mempawah Jadi Sorotan

Antara ยท Kamis, 20 Agustus 2020 - 18:06:00 WIB
Kasus Covid-19 di Kalbar Melonjak, Mempawah Jadi Sorotan
Tes swab pengendara motor tanpa masker di Pontianak, Kalbar, Senin (6/7/2020). (Antara)

PONTIANAK, iNews.id - Kalimantan Barat mencatat lonjakan kasus positif Covid-19. Ada penambahan 15 kasus baru dalam sehari. Dari jumlah itu, delapan kasus berasal dari Kabupaten Mempawah.

"Pada tanggal 19 kemarin berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium Universitas Tanjungpura terdapat 15 penambahan kasus baru," kata Kepala Dinas Kesehatan Kalbar, Harisson dalam keterangan kepada media di Pontianak, Kamis (20/8/2020).

Sebanyak 15 kasus positif terbaru itu terdiri atas 8 orang di Kabupaten Mempawah, 3 orang masing-masing di Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya, dan 1 orang di Kabupaten Landak.

Harisson menjelaskan, dengan penambahan 15 kasus baru itu, total kasus positif di Kalbar saat ini menjadi 471 orang.

"Sedangkan yang sembuh 424 orang dan empat orang meninggal," ujarnya.

Harisson mengatakan, pasien yang sembuh di Kalbar juga bertambah 14 orang. Mereka yang sembuh yakni 6 orang dari Kabupaten Landak, 3 orang masing-masing dari Kota Pontianak dan Kabupaten Ketapang, dan seorang masing-masing dari Kapuas Hulu dan Kubu Raya.

Harisson menuturkan, Kabupaten Mempawah menjadi sorotan. Sebab daerah yang awalnya sudah berada di zona hijau, pekan ini ditemukan delapan kasus positif dari salah satu sekolah.

Menurutnya kondisi tersebut bisa membuat Mempawah menjadi zona merah bila pemda setempat tidak segera menangani. Karena itu Mempawah disarankan terus melakukan sosialisasi ke masyarakat untuk pelaksanaan protokol kesehatan

"Kita minta agar Pemerintah Kabupaten Mempawah ekstra hati-hati. Kalau sampai lengah, bisa menjadi oranye atau merah," ujarnya.

Editor : Reza Yunanto

Follow Berita iNewsKalbar di Google News

Bagikan Artikel: