Kapolresta Pontianak Imbau Warga Cegah Kegiatan Pengumpulan Massa

Antara ยท Kamis, 20 Agustus 2020 - 11:04:00 WIB
Kapolresta Pontianak Imbau Warga Cegah Kegiatan Pengumpulan Massa
Kapolresta Pontianak Kombes Pol Komaruddin. (Foto: Antara)

PONTIANAK, iNews.id - Polresta Pontianak mengimbau warga untuk menghindari kegiatan yang mengumpulkan massa. Hal itu untuk mencegah meluasnya penyebaran Covid-19 di Pontianak.

"Masyarakat sebaiknya mempertimbangkan kembali untuk melakukan kegiatan yang sifatnya mengumpulkan massa dalam mencegah penyebaran Covid-19 di Kota Pontianak," kata Kapolresta Pontianak Kombes Komarudin di Pontianak, Kamis (20/8/2020).

Dia menjelaskan, saat ini banyak masyarakat yang menganggap normal baru seperti situasi normal sebelum pandemi sehingga mulai melakukan aktivitas yang normal juga.

Dia mencontohkan warga yang kedapatan masih berkerumun di warung kopi dan pasar termasuk acara pernikahan. Menurutnya masih banyak warga yang tak disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.

"Masyarakat harus sadar bahwa ancaman virus corona belum selesai, sehingga harus terus menggunakan masker, rajin cuci tangan, dan jaga jarak," ujarnya.

Dia mengatakan, Polresta Pontianak berkewajiban untuk melakukan pengamanan dan antisipasi dampak yang mungkin ditimbulkan terhadap setiap kegiatan masyarakat yang berisiko menyebarkan Covid-19 itu.

"Kami akan turunkan personel untuk lakukan pengawalan dan pengamanan meskipun kegiatan masyarakat tersebut tidak direkomendasikan," katanya.

Sementara itu, Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono juga mendukung kepolisian yang tidak memberikan rekomendasi kegiatan-kegiatan yang sifatnya mengumpulkan massa dalam mencegah penyebaran Covid-19.

"Sebaiknya masyarakat tetap mengikuti protokol kesehatan dan jaga jarak," tuturnya.

Sebelumnya, dua pengunjung warung kopi di Pontianak positif terjangkit Covid-19 dari hasil rapid test acak. Kota Pontianak yang sempat zona hijau Covid-19, kini naik menjadi zona kuning atau berisiko ringan.

Editor : Reza Yunanto

Follow Berita iNewsKalbar di Google News

Bagikan Artikel: