Ketua DPD La Nyalla Dapat Gelar Pangeran Jaya Sukma Dilaga dari Kerajaan Kusuma Negara

Reza Yunanto · Jumat, 29 Oktober 2021 - 13:20:00 WIB
Ketua DPD La Nyalla Dapat Gelar Pangeran Jaya Sukma Dilaga dari Kerajaan Kusuma Negara
Ketua DPD RI La Nyalla Mahmud Mattalitti mendapat gelar kekerabatan Pangeran Jaya Sukma Dilaga dari Kerajaan Kusuma Negara di Sekadau, Kalimantan Barat. (Foto: Ist)

SEKADAU, iNews.id - Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) La Nyalla Mahmud Mattalitti mendapat gelar kekerabatan Pangeran Jaya Sukma Dilaga. Gelar itu didapat saat berkunjung ke Kerajaan Kusuma Negara di Sekadau, Kalimantan Barat, Jumat (29/10/2021).

La Nyalla mengunjungi Kerajaan Kusuma Negara bersama sejumlah senator DPD asal Kalimantan Barat, Erlinawati dan Sukiryanto, dan senator asal Sulawesi Selatan Andi Muhammad Ihsan. 

Saat akan memasuki Balairung Sari Keraton Kusuma Negara Sekadau, La Nyalla mengikuti prosesi adat injak telur. 

Gelar untuk La Nyalla disampaikan Pangeran Kusuma Negara, Abang Mohammad Firman. Dia membacakan titah Raja Kusumanegara Sekadau, Pangeran Agung Sri Negara II Gusti Muhammad Effendi yang tertuang dalam surat bernomor 35/MKMS-IKMS/X/2021.

"Raja Kusuma Negara Sekadau memberikan gelar kekerabatan Kusuma Negara kepada AA La Nyalla Mahmud Mattalitti bergelar Pangeran Jaya Sukma Dilaga," kata Pangeran Kusuma Negara. 

Menurutnya gelar itu mencerminkan kekuatan dan kebesaran yang senantiasa bersatu.  "Kami meminta untuk dijaga marwah yang melekat padanya. Semoga Allah meridhoi," ujarnya. 

Menurut Pangeran Kusuma Negara, pemberian gelar tersebut telah melalui musyawarah dengan para sesepuh Kerajaan Kusuma Negara. Sebagai simbol penyematan gelar, dipakaikan peci dan disematkan pin Kerajaan Kusuma Negara kepada La Nyalla. 

LaNyalla mengaku sangat terhormat dengan gelar yang didapatnya.

"Terima kasih atas penyambutan kepada kami, DPD RI. Terima kasih yang sebesar-besarnya atas penganugerahan gelar kepada saya. Saya diangkat jadi kakak beliau (Raja Kusuma Negara), maka saya panggil Adinda," kata senator asal Jawa Timur ini.

Kedatangan La Nyalla dan rombongan senator, disambut atraksi dari Perguruan Silat Rajawali Putih Sekadau dan Tari Adat Melayu oleh Sanggar Lawang Kuari, yang biasa digunakan pihak kerajaan untuk menyambut tamu agung.

Editor : Reza Yunanto

Follow Berita iNewsKalbar di Google News

Bagikan Artikel: