KJRI Kuching Pulangkan 155 Pekerja Migran Indonesia di Malaysia via PLBN Entikong

Antara ยท Sabtu, 28 November 2020 - 06:59:00 WIB
KJRI Kuching Pulangkan 155 Pekerja Migran Indonesia di Malaysia via PLBN Entikong
Suasana pemulangan ratusan pekerja migran di PLBN Entikong. (Foto: KJRI Kuching/Antara))

PONTIANAK, iNews.id - Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Kuching melakukan repatriasi (pemulangan) terhadap 155 pekerja migran Indonesia (PMI) di Malayasia. Pemulangan melalui Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.

Kepala KJRI Kuching, Yonny Tri Prayitno mengatakan, dari ratusan orang yang dipulangkan itu, ada 8 pekerja migran dalam kondisi khusus.

"Kedelapan orang PMI kondisi khusus tersebut terdiri dari empat orang laki-laki dan empat orang wanita, diantaranya, satu laki-laki dalam kondisi sakit infeksi otak, satu orang sakit ginjal, satu orang wanita habis melahirkan namun anaknya meninggal dunia, dan satu orang lagi wanita mengalami gangguan kejiwaan," ujarnya dihubungi dari Pontianak, Jumat (27/11/2020).

Sementara itu, ada empat orang lainnya tidak memiliki dokumen perjalanan yang sah. Mereka semua sebelumnya ditampung di rumah perlindungan KJRI Kuching dan dipulangkan ke Indonesia melalui PLBN Entikong pada Kamis (26/11/2020).

"Pada waktu yang bersamaan kami dari KJRI Kuching juga melakukan pendampingan dan membantu proses deportasi sebanyak 155 orang PMI bermasalah dari depo tahanan Imigrasi di Semuja, Sarawak ke Indonesia melalui PLBN Entikong, yang terdiri dari sebanyak 131 orang laki-laki, dan 24 orang wanita," katanya.

Editor : Reza Yunanto

Halaman : 1 2