Modifikasi Cuaca Datangkan Hujan Akan Dilakukan untuk Atasi Karhutla di Kalbar

Antara ยท Senin, 08 Maret 2021 - 09:31:00 WIB
Modifikasi Cuaca Datangkan Hujan Akan Dilakukan untuk Atasi Karhutla di Kalbar
Ilustrasi karhutla (Antara)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah pusat akan menggunakan teknologi modifikasi cuaca untuk merekayasa hujan di Kalimantan Barat (Kalbar) dan Riau. Hal itu dilakukan untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di sejumlah wilayah.

"Pelaksanaan TMC di Provinsi Kalimantan Barat dilaksanakan mulai 11 Maret 2021, di Provinsi Riau 9 Maret 2021," ujar Direktur Pengendalian Karhutla pada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Basar Manullang melalui keterangan tertulis di Jakarta, Senin (9/3/2021).

Dia menjelaskan, TMC merupakan salah satu upaya paling efektif mencegah karhutla di tahun 2020. Hasil penggunaan TMC bisa membasahi lahan gambut Di sisi lain juga mengisi kanal serta embung untuk membantu tim pemadam kebakaran.

Menurutnya Kementerian LHK telah berkoordinasi dengan beberapa lembaga terkait untuk modifikasi cuaca guna menghasilkan hujan ini. Di antaranya BMKG, BPPT, dan BNPB.

Untuk penyemaian awan dan bibit hujan akan menggunakan pesawat dukungan dari TNI AU. 

"Posko operasi TMC akan berada di Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru dan Lanud Soepadio Pontianak. Saat ini tim teknis sedang menyelesaikan proses pengangkutan bahan semai ke posko-posko operasi tersebut," katanya.

Sebelumnya, Pemprov Kalbar telah menetapkan status darurat karhutla. Ratusan titik api (hotspot) terpantau di berbagai wilayah dan berpotensi menimbulkan karhutla.

Editor : Reza Yunanto

Follow Berita iNewsKalbar di Google News

Bagikan Artikel: