Pakai Identitas Palsu, Guru ASN di Pontianak Gelapkan 12 Mobil Rental

Antara · Rabu, 09 Juni 2021 - 14:37:00 WIB
Pakai Identitas Palsu, Guru ASN di Pontianak Gelapkan 12 Mobil Rental
Poldda Kalbar merilis pengungkapan kasus penggelapan mobil rental melibatkan guru ASN perempuan, Rabu (9/6/202). (Foto: Instagram Polda Kalbar)

PONTIANAK, iNews.id - Polda Kalimantan Barat (Kalbar) menangkap seorang perempuan yang berprofesi sebagai guru dan berstatus aparatur sipil negara (ASN) dalam kasus penggelapan mobil rental. Dia dan temannya menggelapkan 12 unit mobil rental.

Pelaku yakni NA. Dia bersama temannya V ditangkap Ditreskrimum Polda Kalbar atas laporan penggelapan mobil rental. NA yang berhubungan langsung dengan para pemilik rental. Kemudian keduanya menjual mobil tersebut ke penadah.

"Modus tersangka yakni menyewa mobil di rental selama tiga hari dengan membayar penuh, namun menggunakan identitas palsu," tutur Direskrimum Polda Kalbar, Kombes Luthfie Sulistiawan dalam konferensi pers di Pontianak, Rabu (9/6/2021).

Setelah mendapatkan mobil dari rental, kedua tersangka lalu menjual mobil tersebut kepada penadah atau pembeli. Jika mobil belum terjual, mereka akan memperpanjang sewa hingga ada yang membeli.

Keduanya juga merekrut dua orang yakni T dan F untuk mencari pembeli untuk dijual dengan harga normal Rp160-165 juta. Mobil yang dipilih yakni jenis Avanza dan Terios.

"Alasannya adalah mobil jenis itu yang cepat terjual," ujarnya.

Kedua tersangka telah menggelapkan 12 unit mobil. Namun baru empat unit yang diamankan dan delapan masih ditelusuri.

Terkait kasus ini, Polda Kalbar meminta masyarakat berhati-hati bila ingin membeli mobil. Apalagi bila ditawarkan dengan harga yang murah. 

Sedangkan pihak rental diminta leih ketat dalam menyewakan unitnya agar tidak terjadi kasus serupa.

"Rental harus memberikan syarat yang ketat untuk penyewaan," katanya.

Editor : Reza Yunanto