Pelabuhan Internasional Kijing Mempawah Dioperasikan, Berikan Dampak Positif Bidang Ekonomi

Antara · Selasa, 20 Oktober 2020 - 13:35:00 WIB
Pelabuhan Internasional Kijing Mempawah Dioperasikan, Berikan Dampak Positif Bidang Ekonomi
Ilustrasi ekspor. (Foto: Istimewa)

PONTIANAK, iNews.id - Pelabuhan Internasional Kijing di Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat (Kalbar) diminta untuk dioperasikan di tengah membaiknya harga CPO. Hal ini dinilai dapat memberikan dampak ekonomi yang besar bagi masyarakat Kalbar, khususnya dari pungutan pajak ekspor dan lainnya.

Hal ini disampaikan ​Pengamat Ekonomi Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak, Prof Dr Eddy Suratman. Menurutnya, kelapa sawit merupakan komoditas perkebunan andalan Kalbar.

"Komoditas ini tengah menunjukkan tren harga yang semakin membaik. Dengan membaiknya harga CPO atau minyak sawit mentah maka akan dapat memberikan dampak ekonomi yang besar bagi Kalbar baik bagi petani, pelaku usaha dan daerah ini," katanya, Selasa (20/10/2020).

Dia memprediksi, dengan beroperasinya pelabuhan yang berlokasi di Kabupaten Mempawah itu akan menjadi daya tarik investasi yang besar bagi Kalbar. Investor akan mendekat ke infrastruktur yang strategis, apalagi itu merupakan pelabuhan internasional.

“Saya percaya selesainya pelabuhan itu akan menjadi penarik yang luar biasa untuk masuknya investasi ke Kalbar," katanya.

Di tengah kontraksi ekonomi yang terjadi akibat pandemi Covid- 19, salah satu langkah yang dapat dilakukan pemerintah, khususnya pemerintah provinsi Kalbar yakni dengan menarik investasi. Kalbar memiliki proyek strategi nasional (PSN) Pelabuhan Internasional Kijing.


Editor : Umaya Khusniah