Pemkot Pontianak Dirikan Dapur Umum untuk Korban Angin Puting Beliung

Antara ยท Minggu, 19 Juli 2020 - 08:48 WIB
Pemkot Pontianak Dirikan Dapur Umum untuk Korban Angin Puting Beliung
Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono meninjau rumah warga yang rusak diterjang angin puting beliung, Sabtu (18/7/2020) malam. (Foto: Antara/Pemkot Pontianak)

PONTIANAK, iNews.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak, Kalimantan Barat mendirikan dapur umum untuk warga korban angin puting beliung. Pendirian dapur umum bagian dari tanggap darurat bencana.

"Dapur umum sebagai langkah tanggap darurat memenuhi kebutuhan warga yang rumahnya terkena dampak angin puting beliung, tutur Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, Sabtu (18/7/2020).

Edi mengatakan, pendataan rumah warga yang terkena angin puting beliung masih dilakukan. Menurut informasi ada ratusan rumah yang rusak diterjang angin puting beliung.

Selain rumah tempat tinggal, bangunan sekolah juga mengalami kerusakan cukup parah yakni SDN 42 dan SMPN 29, dan pohon yang tumbang tercatat sebanyak 29 pohon.

"Kami terus melakukan pendataan dan menghimpun bantuan-bantuan," katanya.

Edi menuturkan, Pemkot Pontianak telah menyediakan tempat pengungsian sementara di Aula Kantor Camat. Namun, sebagian warga memilih menumpang tinggal di rumah kerabat atau tetangga yang rumahnya tidak rusak.

Angin puting beliung yang melanda sebagian Pontianak terjadi pada Jumat (17/7/2020) malam. Wilayah yang terkena dampak paling besar di Kelurahan Sungai Beliung, Kecamatan Pontianak Barat, dan Kelurahan Batu Layang Kecamatan Pontianak Utara.

Tak ada korban jiwa dalam musibah ini, namun puluhan warga mengungsi meninggalkan rumahnya.


Editor : Reza Yunanto