Penerbangan di Bandara Supadio Kembali Normal usai Larangan Mudik Berakhir

Antara ยท Kamis, 20 Mei 2021 - 16:30:00 WIB
Penerbangan di Bandara Supadio Kembali Normal usai Larangan Mudik Berakhir
Bandara Supadio di Kalimantan Barat. (Antara)

PONTIANAK, iNews.id - Aktivitas penerbangan di Bandara Supadio Kalimantan Barat kembali normal dengan berakhirnya periode larangan mudik. Penumpang dari luar Kalbar mulai meningkat.

"Kami yakin penerbangan akan normal jika larangan mudik berakhir," kata General Manager PT Angkasa Pura II Bandara Supadio, Akbar Putra di Pontianak, Kamis (20/5/2021).

Pada April 2021 sebelum berlaku larangan mudik, Bandara Supadio melayani 3.000 penumpang setiap hari. Dia berharap penumpang akan segera meningkat setelah larangan mudik berakhir. 

"Semoga kembali membaik namun semua tetap menerapkan protokol kesehatan yang ada," katanya.  

Sementara itu seorang penumpang yang tiba di Pontianak mengaku pergerakan penumpang di Bandara Supadio saat ini memang sudah kembali normal. Hal itu diakui Iwan, warga Medan yang bekerja di Pontianak.

Menurutnya tidak ada kesulitan atau masalah untuk syarat penerbangan bagi penumpang saat ini.

"Tidak ada kesulitan atau syarat yang mempersulit penumpang, sehingga ini mungkin menjadi salah satu alasan penumpang tetap ramai. Hanya diwajibkan membawa surat hasil negatif Covid-19 saja," katanya.

Penumpang yang turun di Bandara Supadio wajib membawa surat keterangan sehat berdasarkan tes PCR. Sedangkan untuk yang berangkat dari Pontianak bisa menggunakan tes PCR, antigen, atau GeNose bila hanya transit.

"Kalau dari Pontianak bisa antigen, PCR, dan GeNose jika tidak transit karenakan masa berlakunya hanya satu hari. Sedangkan dari luar daerah mau ke Pontianak harus wajib PCR tidak boleh yang lain," katanya.


Sementara itu penumpang lain yang juga bekerja di Pontianak, Nuramansyah mengatakan adanya larangan mudik dari pemerintah tidak berpengaruh, karena penumpang masih tetap ramai seperti biasanya.

"Adanya larangan pemerintah sepertinya tidak berpengaruh, karena penumpang masih tetap ramai. Karena mudiknya sebelum ada pembatasan dan pulang juga setelah dibuka lagi larangan mudiknya," kata dia.

Sebelumnya Bandara Supadio juga mengikuti aturan pemerintah yang melarang penerbangan pada periode larangan mudik 6-17 Mei 2021.

Editor : Reza Yunanto