Peringatan Dini BMKG, 3 Kabupaten di Kalbar Berpotensi Banjir akibat Cuaca Ekstrem

Antara ยท Jumat, 08 Oktober 2021 - 11:27:00 WIB
Peringatan Dini BMKG, 3 Kabupaten di Kalbar Berpotensi Banjir akibat Cuaca Ekstrem
Banjir di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat merendam 26 desa pekan ini. (Foto: Antara/BPBD Sintang)

JAKARTA, iNews.id - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat di sejumlah provinsi meningkatkan kewaspadaan terhadap  potensi banjir sebagai dampak cuaca ekstrem. Tiga di antaranya yakni kabupaten di Kalimantan Barat.

Berdasarkan informasi yang diterima dari BMKG di Jakarta, Jumat (8/10/2021), pada dasarian I (10 hari pertama) Oktober 2021, daerah yang perlu waspada karena kategori tinggi potensi banjir adalah Kabupaten Dogiyai, Mimika, Nabire, dan Paniai, Provinsi Papua.

Sedangkan kategori menengah, yaitu Kabupaten Kapuas Hulu, Melawi, Sintang Provinsi Kalimantan Barat, Kabupaten Gunung Mas, Kapuas, Katingan, Kotawaringin Timur, Murung Raya Provinsi Kalimantan Tengah, Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara.

Selanjutnya di Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah, Kabupaten Mamasa, Mamuju, Mamuju Tengah, Provinsi Sulawesi Barat, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku, Kabupaten Manokwari, Teluk Bintuni, Provinsi Papua Barat dan Kabupaten Deiyai, Dogiyai, Jayapura, Jayawijaya, Mamberamo Raya, Mamberamo Tengah, Mimika, Nabire, Paniai, Yalimo, Provinsi Papua.

Editor : Reza Yunanto

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: