Pontianak dan Sambas Raih Opini WTP BPK

Antara ยท Selasa, 30 Juni 2020 - 14:04 WIB
Pontianak dan Sambas Raih Opini WTP BPK
Bupati Sambas Atbah Romin Suhaili mengikuti penyampaian laporan virtual oleh BPK Perwakilan Kalbar terkait laporan keuangan daerah. (Foto: Humas Pemkab Sambas/Antara)

PONTIANAK, iNews.id - Dua daerah di Kalimantan Barat (Kalbar) yaitu Kota Pontianak dan Kabupaten Sambas meraih hasil Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) 2019. Hal itu berdasarkan audit yang dilakukan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Kalbar.

"Prestasi ini merupakan bentuk kerja sama elemen pemerintah. Hasil yang disampaikan BPK kemarin merupakan sebuah prestasi yang harus disyukuri bersama," kata Bupati Sambas Atbah Romin Suhaili, Selasa (30/6/2020).

Dia mengatakan, opini WTP ini diperoleh Kabupaten Sambas untuk kedua kalinya. Menurutnya, keberhasilan ini merupakan kerja sama yang baik mulai dari elemen desa, camat hingga pemerintah daerah dan DPRD.

Sementara itu Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono juga mengaku bersyukur dengan kembali mendapat opii WTP dari BPK. Bahkan ini pencapaian yang ke-9 yang pernah diraih Pontianak.

"Hasil yang dicapai tersebut merupakan bukti keseriusan dalam pengelolaan keuangan di lingkup Pemkot Pontianak," tutur Edi.

Kendati meraih opini WTP, Edi mengakui ada beberapa catatan atas laporan tersebut yang akan ditindaklanjuti. Dia menyebut, catatan dari BPK yang akan ditindaklanjuti di antaranya terkait administrasi seperti pengelolaan aset.

"Saat ini kami juga telah melakukan inventarisasi aset-aset yang ada, yakni dengan membenahi pengarsipan, pendataan maupun pensertifikatan terhadap aset-aset yang ada," katanya.


Editor : Reza Yunanto