Rapid Test Dadakan di Singkawang, 132 Orang dari Tempat Keramaian Nonreaktif

Antara ยท Minggu, 21 Juni 2020 - 08:54 WIB
Rapid Test Dadakan di Singkawang, 132 Orang dari Tempat Keramaian Nonreaktif
Wali Kota SIngkawang Tjhai Chui Mie turun langsung memantau rapid test dadakan di tempat keramaian, Sabtu (20/6/2020) malam. (Antara)

SINGKAWANG, iNews.id - Gugus Tugas Covid-19 Kota Singkawang, Kalimantan Barat melakukan rapid test mendadak di tempat keramaian. Sebanyak 132 orang yagn dipilih secara acak mengikuti rapid test hasilnya nonreaktif.

Rapid test mendadak itu dilakukan pada Sabtu (20/6/2020) di tempat-tempat keramaian seperti warung kopi, kafe, dan pasar tradisional.

"Kita melakukan kegiatan tes cepat di pusat keramaian seperti warung kopi, kafe, dan pasar tradisional," kata Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie, Sabtu (20/6/2020) malam.

Dia menjelaskan, tes cepat itu salah satu langkah untuk mempersiapkan masyarakat setempat menjalani normal baru di tengah pandemi Covid-19.

Dia mengharapkan seluruh masyarakat Singkawang menyadari pentingnya menjaga kesehatan dan mencegah penyebaran Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan dalam aktivitas sehari-hari.

"Dengan begitu kenormalan baru yang akan kita laksanakan bisa berhasil, sehingga kita bisa meningkatkan lagi kenormalan baru ke depannya berdasarkan evaluasi kita dalam dua minggu ke depan," katanya.

Menurutnya, kedisiplinan masyarakat menerapkan protokol kesehatan sangat penting. Apabila jumlah orang dalam pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) semakin hari semakin bertambah, kondisinya akan kembali seperti semula tanpa normal baru.

Dia memastikan, rapid test akan digelar secara berkelanjutan. Sedangkan apabila ada warga yang reaktif akan dilakukan karantina selama 14 hari.

Kepala Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kota Singkawang, Barita Ompusunggu menambahkan, dari 132 orang yang ikut rapid test dan mendapat hasil nonreaktif itu terdiri atas 75 laki-laki dan 57 perempuan.


Editor : Reza Yunanto