Ribuan Warga Melawi Kalbar Mengungsi akibat Banjir

Antara, Gusti Eddy ยท Jumat, 05 November 2021 - 15:03:00 WIB
Ribuan Warga Melawi Kalbar Mengungsi akibat Banjir
Banjir yang merendam Kabupaten Melawi Kalimantan Barat dalam sepekan terakhir membuat ribuan orang mengungsi. (Foto: Instagram @humaspemkabmelawi)

MELAWI, iNews.id - Banjir yang melanda Kabupaten Melawi Kalimantan Barat dalam sepekan terakhir membuat ribuan masyarakat mengungsi ke tempat yang aman. Aktivitas masyarakat lumpuh.

Salah satu yang menjadi lokasi pengungsian adalah SD Negeri 6 Nanga Pinoh. Sekolah tersebut merupakan lokasi pengungsian yang disiapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Melawi. 

Di sekolah ini ada dapur umum yang tak hanya menyediakan makanan bagi pengungsi setempat, namun juga pengungsi di lokasi lain.

"Pemerintah menyediakan nasi bungkus sebanyak empat ribuan lebih setiap harinya," kata Bupati Melawi Dadi Sunarya, Jumat (5/11/2021).

Dadi mengatakan ribuan bungkus nasi itu disalurkan juga beberapa lokasi pengungsian korban banjir.

Bupati Melawi Dadi Sunarya menyerahkan bantuan logistik kepada korban banjir. (Foto: Instagram @humaspemkabmelawi)
Bupati Melawi Dadi Sunarya menyerahkan bantuan logistik kepada korban banjir. (Foto: Instagram @humaspemkabmelawi)

Sementara itu Kasat Lantas Polres Melawi Iptu Suwaris mengatakan akibat banjir akses jalan banyak yang tak bisa dilewati.

Bahkan Jalan Sintang-Melawi lumpuh total akibat ruas jalan sepanjang 1,5 kilometer terendam banjir dengan ketinggian 1 meter.

"Akses ke Sintang dari Melawi hanya bisa menggunakan speedboat lewat jalur sungai. Jika ingin memaksa melintas ada jasa penyeberangan menggunakan rakit," ujar Suwaris.

Editor : Reza Yunanto

Follow Berita iNewsKalbar di Google News

Bagikan Artikel: