Sintang Zona Oranye Covid-19, Rusun dan Diklat Disiapkan untuk Isolasi Pasien

Antara ยท Kamis, 15 Oktober 2020 - 18:32 WIB
Sintang Zona Oranye Covid-19, Rusun dan Diklat Disiapkan untuk Isolasi Pasien
RSUD Ade Mohammad Djoen (Antara)

SINTANG, iNews.id - Kasus Covid-19 di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat mengalami peningkatan hingga masuk ke zona oranye dengan resiko sedang. Rumah Susun (Rusun) dan gedung Diklat disiapkan untuk mengantisipasi lonjakan pasien.

"Kita telah melakukan peninjauan langsung ke dua gedung tersebut. Langkah ini sebagai antisipasi jika ruang isolasi mandiri di rumah sakit rujukan tidak mampu lagi menampung pasien Covid-19 yang terus bertambah," kata Pjs Bupati Sintang, Florentinus Anum, Kamis (15/10/2020).

Dua gedung yang disiapkan itu yakni Rusun Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ade Mohammad Djoen, dan Diklat BKPSDM Pemkab Sintang.

Menurutnya, kapasitas ruang isolasi di RSUD Ade Mohammad Djoen saat ini nyaris penuh. Dari kapasitas 71 tempat tidur, sebanyak 57 sudah tersisi.

"Daya tampung rujukan tinggal 14 tempat tidur lagi. Rusun sebagai alternatif pertama, jika terisi semua, gedung Diklat BKPSDM alternatif ke dua," katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Sintang, Harisinto Lontoh mengatakan, saat ini ada 57 pasien positif Covid-19. Sebagian besar merupakan pasien dengan gejala minimal seperti batuk, pilek dan kehilangan penciuman.


Editor : Reza Yunanto