Sosok Dokter Rubini, Lulusan STOVIA yang Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

Antara · Selasa, 16 Agustus 2022 - 06:59:00 WIB
Sosok Dokter Rubini, Lulusan STOVIA yang Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional
Dokumentasi Foto Raden Rubini Natawisastra bersama keluarga. (ANTARA - HO-TP2GD)

JAKARTA, iNews.id - Dokter Rubini salah satu sosok dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Dia banyak bergerak di Kalimantan Barat dan saat ini namanya sedang diusulkan menjadi pahlawan nasional.

Nama lengkapnya adalah Raden Rubini Natawisastra. Dia lahir di Bandung pada 31 Agustus 1906.

Menurut biografi yang ditulis Muhammad Rikaz Prabowo, Rubini salah satu dari beberapa dokter lulusan School Tot Opleiding Van Inlandsche Artsen (STOVIA) di Jakarta.

Dia juga menamatkan pendidikan di Nederlands Indische Artsen School (NIAS) di Surabaya, seperti dr Agusjam, dr Ismail, dr Achmad Diponegoro, dr Sunaryo, dr Rehatta, dr Salekan, dan dr Sudarso.

Mereka berkarya lebih dari tugasnya sebagai dokter. Pada 1939, mereka aktif dalam pergerakan kebangsaan melalui Partai Indonesia Raya (Parindra) di Kalimantan Barat.

Selain sebagai pemimpin rakyat, Rubini juga dikenal sebagai tokoh yang berusaha meningkatkan kesejahteraan dan perlindungan terhadap ibu dan anak.

Dia ingin menurunkan angka kematian ibu dan anak saat melahirkan yang kerap terjadi di praktik bidan tradisional atau dukun beranak.

Selain membuka praktek kedokteran umum di rumahnya di Landraad Weg, yang kini Jalan Jenderal Urip Pontianak, Rubini juga membuka praktek kebidanan yang menghadirkan bidan bersertifikat.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: