Sudah Divaksin, 60 Calon Jemaah Haji di Kayong Utara Berharap Bisa ke Arab Saudi

Antara ยท Kamis, 08 April 2021 - 13:03:00 WIB
Sudah Divaksin, 60 Calon Jemaah Haji di Kayong Utara Berharap Bisa ke Arab Saudi
Ilustrasi jamaah haji.

PONTIANAK, iNews.id - Sebanyak 60 calon jemaah haji Kalimantan Barat asal Kabupaten Kayong Utara sudah disuntik vaksin Covid-19. Mereka berharap bisa berangkat ke Arab Saudi tahun ini.

"Masalah kepastian haji 2021 sampai detik ini masih menunggu informasi resmi pemerintah pusat. Pemerintah masih menunggu informasi resmi dari Arab Saudi," kata Kepala Seksi Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kayong Utara, Sudirmansyah, Kamis (8/4/2021).

Dia menjelaskan, calon jemaah dari Kayong Utara yang telah menerima vaksin berjumlah 60 orang.

Menurutnya pemberian vaksin Covid-19 untuk calon jemaah haji merupakan anjuran pemerintah pusat agar mengikuti vaksinasi di wilayahnya masing-masing.

Setelah vaksin dosis pertama, pemberian dosis kedua direncanakan pada 1 Mei 2021 pada saat Ramadan.  

"Mudah-mudahan vaksin kedua ini dapat berjalan dengan lancar. Kemudian jamaah calon haji yang divaksin tidak terkendala kesehatannya tanpa efek samping vaksinasisi sehingga ibadah puasa tetap lancar," katanya.

Sebelumnya pemerintah Arab Saudi mengizinkan ibadah umrah bagi yang sudah disuntik vaksin Covid-19. Namun kebijakan itu tak berlaku bagi 20 negara yang dilarang masuk Arab Saudi termasuk Indonesia.

"Itu kan pengumuman cuma buat ekspatriat, warga negara kita yang ada di Arab Saudi, dan negara-negara yang tidak disuspend. Jadi untuk Indonesia belum bisa masuk akses" ujar Konsul Haji di KJRI Jeddah, Endang Jumali.

Editor : Reza Yunanto