Tangkap Cumi di Laut Natuna, Lima Kapal Vietnam Ditangkap KKP

Uun Yuniar ยท Senin, 12 April 2021 - 13:29:00 WIB
Tangkap Cumi di Laut Natuna, Lima Kapal Vietnam Ditangkap KKP
Lima kapal Vietnam ditangkap petugas Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) karena mencuri cumi di Laut Natuna Utara. (Foto: iNews.id/Uun Yuniar)

PONTIANAK, iNews.id - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menangkap lima kapal nelayan asing berbendera Vietnam. Kelima kapal saat itu sedang menangkap cumi-cumi di Laut Natuna Utara.

"Patroli kita menangkap lima kapal karena berani sekali mereka masuk ke wilayah kita," kata Plt Dirjen Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Antam Novambar di Pontianak, Senin (12/4/2021).

Dia mengatakan petugas KKP sempat melepaskan tembakan karena kapal berusaha kabur saat akan ditangkap. Dari lima kapal yang ditangkap, petugas mengamankan 28 orang yang semuanya warga negara Vietnam.

Kelima kapal nelayan tersebut selanjutnya digiring ke dermaga Stasiun PSDKP di Pontianak. 

"Ini kapal khusus cumi. Mereka tahu saat ini di Natuna musim cumi jadi datang untuk menangkap," ujar Antam. 

Dari hasil penyelidikan kelima kapal ini diduga akan beroperasi di Laut Natuna selama satu hingga dua bulan. Hal itu diketahui dari persediaan es yang dibawa.

"Dari es-nya mereka mau beroperasi sebulan-dua bulan di laut. Setelah penuh cumi semuanya, baru mereka pulang," tutur mantan perwira tinggi Polri ini.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: