TNI Bantu Warga Perbatasan Malaysia di Kapuas Hulu Bangun Gorong-Gorong

Antara ยท Rabu, 08 Juli 2020 - 17:04 WIB
TNI Bantu Warga Perbatasan Malaysia di Kapuas Hulu Bangun Gorong-Gorong
Personel TNI membangun gorong-gorong dan jembatan di wilayah perbatasan Malaysia di Kapuas Hulu, Kalbar. (Antara)

KAPUAS HULU, iNews.id - Personel Kodim 1206/Putussibau membantu warga Desa Sungai Abau, Kecamatan Batang Lupar, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat membangun gorong-gorong dan jembatan. Wilayah itu berbatasan langsung dengan Malaysia.

Kegiatan yang dilakukan personel TNI itu merupakan bagian dari TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang digelar di Kabupaten Kapuas Hulu.

"Semangat gotong-royong itu salah satu wujud kemanunggalan TNI bersama rakyat di lokasi TMMD, terutama pada kegiatan fisik pembangunan gorong-gorong," kata Dandim 1206 Putussibau Letkol Inf Basyaruddin di Putussibau, Rabu (8/7/2020).

Basyaruddin mengemukakan, di Desa Sungai Abau tersebut akan dibangun delapan gorong-gorong dan empat jembatan. Pembagunan gorong-gorong dan jembatan itu menurutnya disambut antusias warga yang selama ini memang membutuhkan jembatan.

"Satgas TNI hadir di tengah masyarakat untuk membangkitkan semangat gotong-royong yang harus selalu tertanam di masyarakat sebagai upaya memperkokoh persatuan dan kesatuan menjaga NKRI," ucapnya.

Basyaruddin mengatakan, sampai saat ini pekerjaan TMMD masih terus dilaksanakan tanpa menemui kendala berarti di lapangan.

"Kita berharap apa yang dibangun melalui program TMMD dapat bermanfaat dan membantu masyarakat," ucap Basyaruddin.

Sebelumnya, Satgas TNI yang melakukan program TMMD di wilayah perbatasan juga memberikan pembinaan mental ideologi Pancasila kepada warga perbatasan.

Salah satu tujuan pembinaan mental ideologi Pancasila yang disampaikan Satgas TNI saat TMMD itu untuk membentengi warga perbatasan agar tidak terpengaruh oleh kelompok-kelompok tertentu dari luar Indonesia maupun dari dalam yang berpotensi mengganggu kedaulatan negara.

TMMD di Kalbar tahun ini dimulai sejak 30 Juni 2020 dan berlangsung di tiga wilayah, yakni Kabupaten Kapuas Hulu, Ketapang, dan Bengkayang.


Editor : Reza Yunanto