TMMD di Kalbar, Satgas TNI Bina Mental Pancasila untuk Warga Perbatasan di Kapuas Hulu

Antara ยท Senin, 06 Juli 2020 - 11:06 WIB
TMMD di Kalbar, Satgas TNI Bina Mental Pancasila untuk Warga Perbatasan di Kapuas Hulu
Satgas TMMD saat melakukan proyek fisik pembangunan infrastrukur. (Antara)

KAPUAS HULU, iNews.id - Satgas TNI yang turun dalam TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 108 di Kalimantan Barat tak hanya melakukan kegiatan fisik. Kegiatan nonfisik dilakukan dalam bentuk pembinaan mental Pancasila bagi warga yang tinggal di perbatasan.

"Pembinaan mental ideologi Pancasila itu tentu sangat penting selain kegiatan fisik TMMD, karena menyangkut dasar negara kita tercinta," ujar Dandim 1206/Putussibau, Letkol Basyaruddin, Senin (6/7/2020).

Dia mengatakan, salah satu tujuan pembinaan mental ideologi Pancasila yang disampaikan Satgas TNI saat TMMD itu untuk membentengi warga perbatasan agar tidak terpengaruh oleh kelompok-kelompok tertentu dari luar Indonesia maupun dari dalam yang berpotensi mengganggu kedaulatan negara.

"Kedaulatan NKRI yang berdasarkan Pancasila harus tetap dipertahankan meskipun nyawa taruhannya," ujarnya.

Selain pembinaan mental ideologi Pancasila, Satgas TNI yang turun di wilayah perbatasan juga memberikan penyuluhan hukum dan bahaya narkotika, serta pelayanan kesehatan.

"Kita bersama tanamkan cinta Tanah Air dan pertahankan kedaulatan NKRI di tengah perkembangan zaman dengan teknologi yang semakin canggih, jangan sampai mental ideologi Pancasila kita terkikis zaman," katanya.

TMMD di Kalbar tahun ini dimulai sejak 30 Juni 2020 dan berlangsung di tiga wilayah, yakni Kabupaten Kapuas Hulu, Ketapang, dan Bengkayang.


Editor : Reza Yunanto