TNI-Polri Padamkan Kebakaran di Putussibau, Warga Diminta Tak Bakar Lahan

Antara ยท Jumat, 29 Mei 2020 - 16:19 WIB
TNI-Polri Padamkan Kebakaran di Putussibau, Warga Diminta Tak Bakar Lahan
TNI dan Polri padamkan kebakaran lahan di Putussibau Selatan, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. (Antara/Ist)

KAPUAS HULU, iNews.id - Anggota Kodim 1206 Putussibau dan Polsek Putussibau Selatan memadamkan kebakaran lahan seluas 1,4 hektare. Kebakaran itu diduga sengaja dilakukan pemilik lahan sebelum bercocok tanam.

"Disinyalir sengaja dibakar oleh pemilik lahan untuk bercocok tanam," ujar Danramil Putussibau, Kapten Inf Nanang Sundari, Jumat (29/5/2020).

Dia menuturkan, pemadaman itu dilakukan bersama personel Kodim 1206 Putussibau dan Polsek Putussibau Selatan pada Kamis (28/5/2020) kemarin setelah mendapat info dari Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pontianak adanya titik api (hotspot) di Kecamatan Putussibau Selatan.

"Dari data BMKG provinsi kemarin, terdapat dua titik hotspot di 1,4 hektar lahan milik warga di Desa Suka Maju, Kecamatan Putussibau Selatan lalu tim menuju lokasi," ujarnya.

Menurut dia, ketika tiba di lokasi hotspot, anggota Koramil dan Polsek Putussibau Selatan berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya hingga api dipastikan padam.

"Asap dari pembakaran lahan itu tidak bisa di tutup-tutupi sudah pasti terpantau titik hotspotnya," katanya.

Dia mengimbau kepada pemilik lahan dan juga warga agar tidak melakukan pembakaran lagi karena dapat berdampak tidak baik bagi lingkungan dan kesehatan.

Dia memastikan, kebakaran tidak akan luput dari pantauan. Sebab titik hotspot itu langsung terpantau oleh pusat melalui satelit.

"Jadi jangan main-main dengan pembakaran lahan," ujarnya.


Editor : Reza Yunanto