Uji Coba PLTU Kalbar-1, Impor Listrik dari Malaysia Berkurang 48 Persen

Antara ยท Senin, 14 Juni 2021 - 10:41:00 WIB
Uji Coba PLTU Kalbar-1, Impor Listrik dari Malaysia Berkurang 48 Persen
PLTU Kalbar-1 di Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat. (Foto: Istimewa)

BENGKAYANG, iNews.id - PLN telah selesal melakukan uji coba Pembangkit Listrik Tenaga Uap atau PLTU Kalbar-1 di Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat. PLTU tersebut ternyata bisa menurunkan pembelian listrik dari Malaysia hingga 48 persen.

Uji coba dilakukan dengan mengoperasikan PLTU selama 72 jam dengan melakukan pembebanan pembangkit hingga 92 jam. Selama uji coba itu, dua unit pembangkit berkapasitas masing-masing 100 mega watt (MW) diaktifkan untuk menyalurkan daya lsitrik sebanyak 200 MW.

"Dengan beroperasinya PLTU ini dapat menurunkan volume pembelian listrik dari Sesco Malaysia hingga 48 persen. Tentu saja hal ini turut meningkatkan kemandirian dan ketahanan energi nasional, khususnya di Kalbar," kata General Manager PLN Kalbar, Didik Mardiyanto di Pontianak, Minggu (13/6/2021).

Dia mengatakan, saat ini Sistem Kelistrikan Khatulistiwa memiliki daya  sebesar 592 MW dengan beban puncak sebesar 398 MW. Kehadiran PLTU Kalbar-1 ini menmbah cadangan daya listrik sebanyak 194 MW.

Dia berharap, PLTU Kalbar-1 ini bisa beroperasi mulai pertengahan 2021 ini.

"Semoga ini menjadi kado manis untuk para pelanggan karena listrik yang dapat dipasok akan semakin andal. Kami berharap keandalan listrik ini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan menumbuhkan iklim investasi positif di Kalbar," ujarnya.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: