Wali Kota Pontianak Gagas Pembangunan Masjid Terapung sebagai Landmark Daerah

Antara · Sabtu, 15 Mei 2021 - 10:25:00 WIB
Wali Kota Pontianak Gagas Pembangunan Masjid Terapung sebagai Landmark Daerah
Wali Kota Pontianak menggagas masjid terapung di daerahnya. (Foto: Antara).

PONTIANAK, iNews.id - Masjid dengan konsep terapung akan dibangun di Kota Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar). Fasilitas rumah ibadah ini disiapkan untuk menambahkan landmark daerah tersebut.

"Saya ingin ada tambahan karya arsitektur yang bisa menjadi salah satu landmark kota di tepian Sungai Kapuas berupa masjid apung," kata Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, Sabtu (15/5/2021).

Dia menjelaskan, meski sebatas konsep, rencana pembangunan masjid terapung diharapkan bisa terealisasi. Gagasan pembangunan masjid di tepian sungai ini sebagai implementasi menyatu dengan lingkungan alam.

Terkait lokasi pembangunan, Edi menyatakan masih perlu dilakukan kajian lebih detail untuk menentukan titik yang tepat. Namun berada di sekitar Sungai Kapuas.

"Berdirinya masjid terapung membawa filosofi yang dalam, utamanya habluminannas dan habluminallah," katanya.

Desainnya tidak terlepas dari kehidupan di sepanjang tepian Sungai Kapuas dengan keberadaan rumah-rumah tepian sungai, aktivitas kapal bandong dan lainnya.

"Untuk desainnya kita menyerahkan pada arsitek Pontianak yang punya inovasi dan kepedulian terhadap ekowisata," ujarnya.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal