Wali Kota Pontianak Terbitkan Imbauan Idul Adha, Daging Kurban Tak Dibungkus Plastik

Antara ยท Selasa, 28 Juli 2020 - 14:38 WIB
Wali Kota Pontianak Terbitkan Imbauan Idul Adha, Daging Kurban Tak Dibungkus Plastik
Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono. (Antara)

PONTIANAK, iNews.id - Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono menerbitkan imbauan terkait pelaksanaan kurban Idul Adha 1441 Hijriah. Panitia diminta tidak membungkus daging kurban dengan plastik.

"Imbauan itu dilakukan guna menyukseskan program pengurangan sampah plastik dari sumber penghasil sampah," tutur Edi di Pontianak, Selasa (28/7/2020).

Dalam imbauan itu, panitia Idul Adha diminta untuk mengganti plastik dengan bahan alternatif yang mudah terurai seperti daun atau anyaman bambu.

"Kami imbau para panitia kurban Idul Adha 1441 H untuk mengurangi atau tidak menggunakan kantong plastik. Panitia bisa menggunakan wadah alternatif lain dengan bahan yang mudah terurai, seperti daun pisang, daun jati, anyaman bambu (besek) atau wadah lain yang dapat digunakan ulang," dikutip dari Surat Edaran Nomor 42/DLH/2020.

Sementara itu Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Pemkot Pontianak menyatakan siap menggelar Salat Idul Adha di halaman kantor Wali Kota.

Pelaksanaan salat tetap mengutamakan protokol kesehatan, yakni mewajibkan penggunaan masker dan mengecek suhu tubuh, serta mengatur jarak antarjemaah. Masyarakat juga diminta tidak menyertaka anak-anak, lansia, dan orang yang sedang tidak sehat.

"Kita mengimbau masyarakat tidak mengikutsertakan anak-anak dan lansia. Bagi masyarakat yang sakit diimbau melaksanakan shalat di rumah saja," kata Sekda Pemkot Pontianak, Mulyadi.


Editor : Reza Yunanto