Wali Kota Singkawang Terbitkan Aturan Kurban, Panitia Tak Boleh dari Wilayah Karantina

Antara ยท Jumat, 24 Juli 2020 - 15:53 WIB
Wali Kota Singkawang Terbitkan Aturan Kurban, Panitia Tak Boleh dari Wilayah Karantina
wali kota Singkawang tjhai chui mie (Antara)

SINGKAWANG, iNews.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Singkawang, Kalimantan Barat menerbitkan Surat Edaran Wali Kota yang mengatur pelaksanaan kurban Idul Adha 1441 Hijriah. Aturan itu diterbitkan untuk memastikan pelaksanaan kurban tidak menimbulkan potensi penularan Covid-19.

"Mengingat saat ini dalam situasi bencana nonalam wabah Covid-19, diimbau agar panitia kurban di masjid atau tempat pemotongan hewan kurban memerhatikan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah," kata Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie, Jumat (24/7/2020).

Dia mengatakan, diperlukan langkah-langkah untuk mencegah dan mengendalikan potensi penularan Covid-19 di tempat pemotongan hewan kurban dengan memperhatikan faktor-faktor tertentu.

Pertama, aturan tentang jaga jarak fisik. Panitia kurban diminta untuk mengatur kepadatan dengan membatasi jumlah panitia dan petugas dalam pelaksanaan pemotongan hewan kurban.

"Pengaturan jarak minimal satu meter antarpetugas harus dilakukan pada saat melakukan aktivitas pengulitan, pencacahan, penanganan, dan pengemasan daging," katanya.

Kedua, dalam pendistribusian daging kurban harus dilakukan panitia langsung ke rumah penerima untuk menghindari kerumunan.

Ketiga, juga harus diperhatikan kesehatan personal petugas kurban. Petugas yang mengalami gejala demam, batuk, nyeri tenggorokan dan sesak napas agar tidak dilibatkan.

Selain itu, panitia juga harus memastikan seluruh petugas yang terlibat tidak berasal dari tempat tinggal atau lingkungan yang sama dan tidak dalam masa karantina mandiri.

"Keempat panitia juga menjamin pelaksanaan higienis dan sanitasi, yaitu dengan menyediakan fasilitas cuci tangan dan cairan pembersih tangan," tuturnya.


Editor : Reza Yunanto