Waspada! Pontianak Berpotensi Banjir Rob dan Gelombang Pasang hingga 1,8 Meter

Uun Yuniar, Antara · Kamis, 14 Januari 2021 - 14:29:00 WIB
Waspada! Pontianak Berpotensi Banjir Rob dan Gelombang Pasang hingga 1,8 Meter
Banjir rob melanda Pontianak, Jumat (4/12/2020). (iNews.id/Uun Yuniar)

PONTIANAK, iNews.id - Warga Pontianak, Kalimantan Barat diminta waspada terjadi banjir rob dalam dua hari ini. Ketinggian gelombang pasang air laut bisa mencapai 1,8 meter.

Peringatan itu disampaikan Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono. Dia mengatakan hal itu berdasarkan prakiraan cuaca yang dilansir Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) di Pontianak.

"Hari ini dan Jumat besok  menurut prakiraan BMKG, air pasang laut mencapai pasang tertinggi, yakni 1,8 meter. Daerah-daerah rendah berpotensi terendam dampak air pasang laut tersebut," kata Edi di Pontianak, Kamis (14/1/2021).

Edi menjelaskan, data BMKG yang dia peroleh mencatat air rob atau pasang air laut yang cukup tinggi ini terjadi dalam lima hari hingga Jumat (15/1/2021). Banjir rob berpotensi menggenangi wilayah rendah di Pontianak.

Menurut Edi, wilayah Pontianak mayoritas merupakan dataran rendah. Pemkot Pontianak juga terus mengatasi genangan air yang merendam jalan-jalan saat terjadi banjir rob. Kendati demikian dia mengimbau warga membangun rumah model panggung berjarak 30-50 cm dari badan jalan.

"Tetapi kalau hanya jalan yang tinggi sementara halaman dan rumah warga tidak ikut tinggi, maka akan terulang kembali masalah genangan air di musim air pasang laut dan ketika di musim penghujan," ujarnya.

Terpisah, prakirawan cuaca BMKG Stasiun Maritim Pontianak, Bayu Santoso mengungkapkan bahwa wilayah Kalbar akan mengalami banjir rob dalam beberapa hari ke depan. Dia menuturkan wilayah yang paling berpotensi terkena banjir rob yakni yang berada di pesisir pantai di sepanjang Kalbar, dan juga Sungai Kapuas.

"Pasang maksimum bisa sampai 1,7 meter," tuturnya.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: