Cuaca Ekstrem Porak-porandakan Rumah Warga di Pulau Lemukutan

Uun Yuniar · Rabu, 13 Januari 2021 - 16:14:00 WIB
Cuaca Ekstrem Porak-porandakan Rumah Warga di Pulau Lemukutan
Rumah warga di Pulau Lemukutan, Bengkayang, Kalimantan Barat hancur diterjang angin kencang dan gelombang tinggi, Rabu (13/1/2021). (INews.id/Uun Yuniar)

PONTIANAK, iNews.id - Angin kencang dan gelombang tinggi memporak-porandakan Pulau Lemukutan di Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, Rabu (13/1/2021). Sejumlah rumah warga rusak dan sulit untuk ditempati.

Lokasi yang dilanda angin kencang dan gelombang tinggi berada di Desa Lumukutan, Kecamatan Sungai Raya Kepulauan. Ada tiga dusun yang terkena dampak cuaca ekstrem itu, yakni Dusun Karang Timur, Dusun Batu Bara, dan Dusun Karang Utara.

Dalam video amatir yang direkam warga, tampak beberapa rumah di tiga dusun itu hancur porak-poranda. Kawasan yang dilanda angin kencang dan gelombang tinggi itu selama ini merupakan tempat wisata yang kerap dikunjungi wisatawan lokal maupun dalam negeri.

Tak ada korban jiwa dalam peristiwa yang terjadi pada dini hari itu. Masyarakat mengalami kerugian besar dan berharap bantuan pemerintah daerah.

Akibat bencana itu, masyarakat Pulau Lemukutan kini mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Terkait peristiwa ini, Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Maritim Pontianak menyebut gelombang yang menerjang Pulau Lemukutan itu kategori sedang hingga setengah tinggi.

"Memang di perairan Kalimantan Barat sekarang kategori gelombang masuk dalam kategori sedang hingga tinggi," kata prakirawan BMKG Maritim Pontianak, Bayu Santoso.

Menurutnya. hal ini dampak embusan angin kencang yang bertiup dari perairan Laut Cina Selatan masuk ke perairan Indonesia. Kondisi ini menyebabkan perairan di Kalbar di bagian utara memilii dampak yang lebih besar.

"Seperti di Kepulauan Anambas, Natuna, dan Kalimantan Barat yang bagian utaranya," tuturnya.

Editor : Reza Yunanto