Akun palsu catut Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan yang meminta uang dan pulsa ke netizen. (Foto: Setda Kapuas Hulu)
Reza Yunanto

KAPUAS HULU, iNews.id - Beredar akun Facebook menggunakan foto dan nama Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan meminta uang dan pulsa kepada sejumlah netizen. Akun FB tersebut dipastikan palsu.

"Itu bukan akun saya. Akun saya hanya ada satu, itu pun untuk mempublish kegiatan keseharian saya. Bukan untuk meminta pulsa ke sana-sini," kata Fransiskus dilansir dari laman Instagram Setda Kapuas Hulu, Senin (20/12/2021).

Dia tak terlalu ambil pusing dengan akun FB palsu tersebut. Menurutnya kejadian seperti ini bukan baru kali ini menimpa dirinya.

Beberapa bulan lalu muncul akun FB menggunakan nama dan fotonya. Akun tersebut menurutnya meminta-minta pulsa kepada beberapa pengguna FB.

"Kasusnya kurang lebih sama," ujarnya.

Dia meminta masyarakat Kapuas Hulu untuk lebih berhati-hati. Penipuan dengan modus seperti ini di media sosial sudah sering terjadi untuk meminta uang atau pulsa.

Dia meminta masyarakat tidak mudah percaya pada pengakuan orang melalui aplikasi media sosial khususnya WhatsApp, Facebook. "Apalagi nomornya tidak dikenal dan pelaku minta transfer dana atau pun pulsa," katanya.

Dia mengingatkan penipuan melalui media sosial ini modus lama. Modus lain seperti mengabarkan menang undian atau lotre, lalu korban diminta menyetor sejumlah uang sebelum diberi hadiah.

"Jadi masyarakat harus hati-hati kalau harus mentransfer dana dengan dalih akan memberi bantuan atau dapat undian bahkan meminta pulsa. Yakinlah itu modus aksi tipu-tipu," tutur menantu mantan Gubernur Kalbar Cornelis ini.


Editor : Reza Yunanto

BERITA TERKAIT