Bandara Supadio Pontianak Kalimantan Barat. (Antara)
Antara

PONTIANAK, iNews.id - Bandara Supadio Pontianak tak mengalami lonjakan penumpang jelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Bandara Supadio membuat kebijakan tidak mengizinkan maskapai menambah penerbangan.

"Tidak ada izin penambahan penerbangan untuk maskapai. Itu sejalan dengan kebijakan perjalanan selama pandemi Covid-19," kata GM PT Angkasa Pura II Bandara Internasional Supadio, Akbar Putra, Senin (20/12/2021).

Dia mengatakan kebijakan tersebut juga sesuai dengan arahan Kementerian Perhubungan yang untuk mencegah lonjakan penumpang pada libur Nataru.

Menurut Akbar, pada tahun-tahun sebelumnya pada momen Natal dan Tahun baru selalu ada penambahan penerbangan. Hal itu dilakukan untuk mengakomodasi kenaikan jumlah penumpang.

Saat ini, kata Akbar, sudah terlihat ada kenaikan penumpang hingga 10 persen. Namun Bandara Supadio tetap tidak mengizinkan maskpai menambah penerbangan.

"Kenaikan jumlah penumpang hanya 10 persen saja. Kembali lagi ini karena tidak izin ada penambahan penerbangan bagi maskapai," tuturnya.

Untuk protokol kesehatan, Bandara Supadio telah membuat prosedur pencegahan mulai dari penerapan ketat PeduliLindung hingga pemeriksaan di bandara.

" Hal itu untuk memastikan perkembangan penumpang dalam hal vaksinasi dan kebasahan tes Covid-19 sehingga menguatkan maskapai untuk boarding pass," ujarnya.


Editor : Reza Yunanto

BERITA TERKAIT