Banjir di Kapuas Hulu merendam ribuan rumah warga, Senin (23/8/2021). (Foto: Antara)
Antara

KAPUAS HULU, iNews.id - Banjir yang merendam sejumlah kecamatan di Kapuas Hulu, Kalimantan Barat makin meluas. Total ada ribuan rumah warga yang terendam dengan ketinggian air 1 hingga 3 meter.

Kepala BPBD Kapuas Hulu, Gunawan mengatakan, banjir mulai terjadi pada Sabtu (21/8/2021) dan hingga Senin (23/8/2021) belum surut.

BPBD masih melakukan pendataan jumlah wilayah dan rumah yang terendam banjir. Namun data sementara ada ribuan rumah warga yang terendam banjir.

"Untuk data korban banjir masih input sambil menunggu laporan dari desa, lurah, hingga kecamatan," tutur Gunawan.

Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan meninjau wilayah terdampak banjir akibat luapan Sungai Kapuas, Minggu (22/8/2021). (Foto: Humas Pemkab Kapuas Hulu)

Sementara itu data yang diperoleh banjir di Kapuas Hulu merendam Kecamatan Boyan Tanjung, Bunut Hulu, Mentebah, Pengkadan, Putussibau Utara, Putussibau Selatan, dan beberapa kecamatan di pesisir Sungai Kapuas.

Tak hanya permukiman, sejumlah fasilitas publik juga terendam banjir. Bahkan Jalan Nasional penghubung Kapuas Hulu dengan Kota Pontianak terputus di beberapa titik.

Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan sebelumnya mengatakan telah meninjau langsung wilayah yang terendam banjir. Dia meminta kepala desa, lurah, hingga camat siaga memantau warganya.

Menurutnya, banjir kali ini disebabkan curah hujan tinggi yang membuat Sungai Kapuas meluap.


Editor : Reza Yunanto

BERITA TERKAIT