Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji memantau vaksinasi massal. (Foto: Antara)
Reza Yunanto

PONTIANAK, iNews.id - Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) Sutarmidji bersyukur penerapan PPKM di Kota Pontianak turun ke level 3. Saat ini tidak ada lagi wilayah di Kalbar yang menerapkan PPKM level 4.

"Alhamdulillah Kalbar tidak ada yang di level 4. Semua di level 3," tutur Sutarmidji dikutip dari laman media sosial miliknya, Selasa (10/8/2021).

Sutarmidji mengatakan, penurunan tersebut membuat aktivitas masyakarat di Kota Pontianak bisa sedikit melonggar.

Mantan Wali Kota Pontianak ini mengajak seluruh warga Kalbar untuk lebih baik lagi dalam menerapkan protokol kesehatan agar bisa turun lagi ke level 2.

"Saya mengajak untuk jadikan level 2 agar semua aktivitas lebih nyaman," ujar Sutarmidji.

Sebelumnya pemerintah melalui Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 32 Tahun 2021 menetapkan kabupaten dan kota di luar Jawa dan Bali yang menerapkan PPKM Level 3.

Kebijakan ini berlaku selama dua pekan mulai 10 hingga 23 Agustus 2021.

Dalam Inmendagri tertanggal 9 Agustus 2021 yang ditandatangani Mendagri Tito Karnavian itu, Kota Pontianak yang sebelumnya menerapkan PPKM Level 4 selama dua pekan kini turun menjadi PPKM Level 3.

Selain Kota Pontianak, kabupaten dan kota di Kalbar yang menerapkan PPKM Level 3 yakni Kota Singkawang, Kabupaten Bengkayang, Kapuas Hulu, Kayong Utara, Ketapang, Kubu Raya, Landak, Melawi, Mempawah, Sambas, Sanggau, Sekadau, dan Sintang.


Editor : Reza Yunanto

BERITA TERKAIT