10 Makanan Khas Sambas

Aulia Putri Nurlaili ยท Senin, 13 September 2021 - 21:17:00 WIB
10 Makanan Khas Sambas
10 Makanan Khas Sambas, termasuk lapis belacan. (Foto: Instagram/dapurkue.bunda)

JAKARTA,iNews.id - Ada 10 Makanan Khas Sambas yang tidak bisa dilewatkan para penikmat wisata kuliner. Menu-menu dari kota di Kalimantan Barat (Kalbar) ini akan memanjakan lidah karena kelezatannya.

Jika sedang mengeksplorasi Sambas, Anda sebaiknya jangan lupa mencoba makanan-makanan tradisional ini. Rasanya unik, khas dan sudah terkenal. Harganya pun terjangkau.

Lantas, apa saja 10 makanan khas Sambas yang perlu kalian ketahui dan patut dicoba? Berikut rangkumannya pada Senin (13/9/2021):

1. Bubur Paddas

10 Makanan Khas Sambas yang wajib dicoba salah satunya bubur paddas, terutama bagi anda pencinta bubur. Mungkin sebagian orang mengira makanan ini memiliki arti bubur pedas, padahal berbeda dengan namanya. 

10 Makanan Khas Sambas, salah satunya bubur paddas.(Foto: Instagram ikatanmahasiswatelukkeramat)
10 Makanan Khas Sambas, salah satunya bubur paddas.(Foto: Instagram ikatanmahasiswatelukkeramat)

Paddas berarti ragam  sayuran dan rempah-rempah. Bubur paddas ini berbeda dari bubur pada umumnya. Proses pembuatannya dimulai dari beras ditumbuk, dioseng dan kemudian dicampur dengan beberapa jenis sayuran. 

Setelah semuanya matang, bubur paddas ditambahkan dengan berbagai topping seperti kacang atau teri. Dengan harga Rp10.000 per porsi, kita sudah bisa mencicipi bubur paddas yang nikmat. Yang ingin mencoba, langsung saja cicipi bubur paddas di Jalan Pusat Kambas. Lokasinya sangat mudah ditemukan.

2. Bubur Ambok

Yang kedua dari 10 makanan khas Sambas adalah bubur ambok. Makanan ini sama seperti bubur pada umumnya. Yang membedakan hanya bumbu-bumbunya saja. 

 Bubur ambok sambas (Foto: nellasagita.blogspot.com)
Bubur ambok sambas (Foto: nellasagita.blogspot.com)

Dengan harga Rp.15.000 per porsi, kita suda bisa menikmati bubur dengan topping seperti ikan teri, kacang, kangkung atau sayur pakis. Rasanya kurang lengkap jika kita berkunjung ke Sambas melewatkan Bubur Ambok.

Editor : Maria Christina