5 Penumpang Positif Covid, Batik Air Dilarang Terbang 10 Hari Bawa Penumpang ke Pontianak

Antara, Faisal Abubakar · Kamis, 24 Desember 2020 - 20:54:00 WIB
5 Penumpang Positif Covid, Batik Air Dilarang Terbang 10 Hari Bawa Penumpang ke Pontianak
Petugas mengawasi penumpang di terminal kedatangan Bandara Supadio, Pontianak, Kalimantan Barat. (Antara)

Menindak lanjuti hasil pemeriksaan tersebut, saat ini 5 penumpang itu akan diisolasi dan kembali di cek surat-suratnya, apakah surat keterangan antigen negatif ini benar-benar asli atau palsu.

Adapun kelima penumpang Batik Air yang diperiksa tersebut merupakan warga Kalbar asal Pontianak 1 orang,1 orang asal Singkawang, 2 orang asal Sambas dan satu orang merupakan warga Kubu Raya.

"Dari temuan ini, akan kita tindak lanjuti, Satgas nanti akan melaporkan kepada pihak Kepolisian dan memastikan apakah surat keterangan tes Covid-19 asli atau palsu. Jika surat itu palsu, maka bisa saja baik yang mengajukan pembuatannya maupun yang membuatkannya akan dikenakan sanksi hukum," kata Harisson.

Dari hasil temuan itu juga, kata Harisson, Pemprov Kalbar telah melakukan rapat koordinasi bersama pihak bandara, Lanud Supadio, kemudian Kasatpol PP Kalbar untuk menindaklanjuti hal itu.

Adapun sanksinya, kata dia, larangan terbang selama 10 hari dari Jakarta ke Pontianak berlaku mulai 27 Desember 2020.

Pemprov juga akan segera berkoordinasi dengan pengelola bandara di Jakarta agar ke depan bisa dilakukan langkah selanjutnya, agar penumpang pesawat dari Jakarta ini benar orang-orang yang tidak sedang terjangkit.

"Termasuk juga, kita bahas mengenai ada beberapa maskapai yang menerbangkan penumpang ke sini melebihi kapasitas," kata Harisson.

Editor : Kastolani Marzuki

Bagikan Artikel: