Antisipasi Karhutla, Polda Kalbar Akan Gelar Operasi Bina Karuna

Antara ยท Selasa, 07 Juli 2020 - 13:05 WIB
Antisipasi Karhutla, Polda Kalbar Akan Gelar Operasi Bina Karuna
Kabid Humas Polda Kalbar Kombes Donny Charles Go. (Antara)

PONTIANAK, iNews.id - Polda Kalimantan Barat (Kalbar) menggelar apel siaga mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Apel melibatkan ratusan personel dan ratusan sarana pemadaman kebakaran.

"Apel persiapan dalam mencegah Karhutla tahun 2020 ini melibatkan 524 personel dan 100 sarana prasarana kendaraan," kata Kabid Humas Polda Kalbar, Kombes Donny Charles Go di Pontianak, Selasa (7/7/2020).

Dia mengatakan, apel ini juga diikuti oleh TNI, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Manggala Agni. Apel ini digelar sebagai wujud sinergitas semua elemen di Kalbar dalam menghadapi ancaman karhutla tahun ini.

"Apel ini menunjukkan kesiapsiagaan dalam menghadapi karhutla dengan melibatkan seluruh komponen," katanya.

Menurutnya, Polda Kalbar juga telah menyiapkan operasi pencegahan karhutla yang akan digelar dalam waktu dekat dan berfokus kepada kegiatan pencegahan. Kegiatan operasi berfokus pada patroli, sosialisasi, dan imbauan kepada warga untuk mencegah karhutla.

"Akhir bulan Juli ini akan kami laksanakan operasi dengan sandi Bina Karuna di tempat-tempat rawan karhutla," tuturnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meminta seluruh jajaran pemerintah pusat maupun daerah melakukan antisipasi terjadinya karhutla memasuki musim kemarau yang akan datang.


Editor : Reza Yunanto