Awalnya Bantu Teman, Pria Ini Malah Ketagihan Bisnis Palsukan SIM hingga Ijazah

Zulkifli Yunus ยท Jumat, 22 April 2022 - 15:23:00 WIB
Awalnya Bantu Teman, Pria Ini Malah Ketagihan Bisnis Palsukan SIM hingga Ijazah
Kapolres Tanah Laut AKBP Rofikoh Yunianto dan Kasatreskrim Polres Tala AKP Zainuddin saat menggelar perkara pemalsuan SIM, KTP dan berkas lainnya di Mapolres Tanah Laut (Foto: iNews/Zulkifli Yunus)

Saat digeledah di rumah tersangka Hidiannor, petugas menemukan satu set komputer lengkap dengan printer dan scanner serta beberapa lembar SIM palsu, KTP palsu dan ijazah palsu. Untuk SIM B II Umum ada 49 lembar, 23 lembar sudah dilaminating, 26 lembar belum dilaminating.

Kepada petugas Hidianor mengaku pada awalnya memalsukan SIM ini atas permintaan seorang kawannya yang ingin bekerja di Tambang. Setelah itu dia sering menerima pesanan dari Muadi dan Slamet.

“Saya pada awalnya membantu teman yang ingin bekerja di perusahaan tambang,” kata Hidiannor seusai mengikuti gelar perkara.

Hidiannor kepada petugas mengaku baru sekitar satu tahun mengerjakan pemalsuan berkas-berkas ini dan untuk SIM B II dia mampu membuat 90 lember per tahun.

Kapolres Tanah Laut AKBP Rofikoh Yunianto mengatakan pemalsuan tersebut menimbulkan kerugian negara, karena biaya membuat SIM maupun berkas lain seperti KTP uangnya masuk kas negara.

Editor : Nani Suherni

Follow Berita iNewsKalbar di Google News

Bagikan Artikel: