Banjir di Sintang Kepung 3 Kecamatan, Pemkab Salurkan Bantuan Sembako

Antara ยท Selasa, 14 Juli 2020 - 11:41 WIB
Banjir di Sintang Kepung 3 Kecamatan, Pemkab Salurkan Bantuan Sembako
Wakil Bupati Sintang, Kalimantan Barat, Askiman turun langsung menyalurkan bantuan sembako bagi korban banjir di Kecamatan Kayan Hilir, Selasa (14/7/2020). (Antara/Ist)

SINTANG, iNews.id- Wakil Bupati Sintang, Kalimantan Barat (Kalbar) Askiman menyalurkan bantuan sembako untuk warga terdampak banjir bandang di tiga kecamatan. Bantuan tersebut bersumber dari pemerintah kabupaten dan warga di Sintang.

"Kami memberikan spontan berupa sembako pada warga korban banjir. Bantuan ini untuk dapur umum saja," kata Askiman di Sintang, Selasa (14/7/2020).

Askiman menuturkan, dia telah meninjau langsung korban banjir di Kecamatan Kayan Hilir. Aparat desa di kecamatan setempat telah diminta mendata warganya yang terdampak banjir untuk selanjutnya diberikan bantuan.

"Bantuan sembako ini untuk sementara dapur umum saja. Bantuan per kepala keluarga ada nanti," tuturnya.

Menurut Askiman, Pemkab Sintang telah berkirim surat kepada pemerintah provinsi untuk segera menurunkan bantuan kepada warga terdampak banjir bandang ini. Data terkini ada ribuan kepala keluarga yang terkena dampak banjir.

"Di Kayan Hulu saja sudah 4.000 kepala keluarga yang terdampak banjir. Saya prihatin dengan warga, dan berharap warga tetap sabar," tuturnya.

Dilaporkan sebelumnya, banjir bandang di Kabupaten Sintang merendam tiga kecamatan yakni Kecamatan Kayan Hilir, Kayan Hulu, dan Serawai. Ketinggian air dilaporkan mencapai satu hingga dua meter, dan menyebabkan ribuan rumah terendam air.


Editor : Reza Yunanto