Banjir Melawi Rendam 14.790 Rumah Warga, Pemprov Kalbar Salurkan Bantuan untuk Korban

Gusti Eddy ยท Selasa, 14 Juli 2020 - 18:06 WIB
Banjir Melawi Rendam 14.790 Rumah Warga, Pemprov Kalbar Salurkan Bantuan untuk Korban
Banjir merendam sejumlah wilayah di Kabupaten Melawi, Kalbar. (iNews.id/Gusti Eddy)

MELAWI, iNews.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Barat (Kalbar) mulai menyalurkan bantuan kepada warga di Kabupaten Melawi yang menjadi korban banjir. Total ada 14.790 rumah warga yang terendam banjir bandang ini.

"Saat ini Pemerintah Kabupaten Melawi sudah mendirikan posko sebagai sarana informasi banjir. Pemerintah juga berencana membangun dapur umum serta tenda pengungsian apabila kondisi banjir tidak mengalami perubahan dan semakin parah," kata Bupati Melawi, Panji, Selasa (14/7/2020).

Hingga Selasa (14/7/2020) sore, sejumlah wilayah di Melawi masih terendam banjir dengan ketinggian beragam. Dari data yang dihimpun Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), ada 14.790 rumah warga yang terendam banjir, dan 12.652 kepala keluarga yang terdampak.

Kepala BPBD Melawi, Syafaruddin mengatakan, masyarakat Melawi saat ini masih terus siaga menghadapi banjir susulan mengingat curah hujan yang masih tinggi.

Selain merendam rumah, sejumlah jalan protokol serta fasilitas umum di Melawi masih terendam banjir. Salah satunya pasar tradisional. Sehingga para pedagang terpaksa berjualan di jalan utama Nanga Pinoh.

Sementara itu Pemprov Kalbar mulai menyalurkan bantuan untuk warga terdampak banjir. Sebanyak 19 ton beras, makanan siap saji dan perlengkapan tidur disalurkan melalui Pemkab Melawi untuk didistribusikan ke warga.

"Pemprov Kalbar menyalurkan melalui pemerintah daerah untuk disalurkan kembali kepada korban banjir," ujar perwakilan Pemprov Kalbar, Muhammad Munsif.


Editor : Reza Yunanto