Banjir Rendam 3 Kecamatan di Mempawah, Warga Mengungsi ke Sekolah

Uun Yuniar ยท Senin, 07 September 2020 - 15:12 WIB
Banjir Rendam 3 Kecamatan di Mempawah, Warga Mengungsi ke Sekolah
Banjir masih merendam tiga kecamatan di Desa Sungai Pinyuh, Kabupatan Mempawah, Kalimantan Barat, Senin (7/9/2020).

MEMPAWAH, iNews.id - Ratusan rumah warga di Desa Purun Kecil, Kecamatan Sungai Pinyuh, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat terendam banjir. Warga yang rumahnya terendam banjir mengungsi ke tempat lebih aman salah satunya sekolah.

Informasi yang diperoleh iNews.id, banjir yang merendam rumah warga telah terjadi selama tigaa hari dan belum surut sepenuhnya. Ketinggian air mulai dari 50 hingga 80 cm.

"Dari 21 RT di Desa Purun Kecil, hanya 2 RT yang tidak terkena dampak. Jadi ada 19 RT yang terkena dampak banjir ini," kata Kepala Desa Purun Kecil, Zainul Bahri, Senin (7/9/2020).

Dia mengatakan, berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mempawah, terdapat tiga kecamatan yang terkena dampak banjir akibat curah hujan yang tinggi selama tiga hari terakhir.

Warga yang rumahnya masih terendam banjir pun memilih mengungsi ke tempat yang lebih tinggi.

Menurutnya, ada sekitar 6.000-an warga yang tinggal di Desa Purun Kecil. Diperkirakan warga yang menjadi korban banjir mencapai lebih dari 4.000 orang. Mereka ini kemudian mengungsi di posko yang didirikan di SMP Negeri 2 Sungai Pinyuh.

"Karena musim banjir, sekolah digunakan untuk menampung warga mengungsi." tutur salah seorang warga, Pipa Juitan.


Editor : Reza Yunanto