Cegah Pelajar Ikut Demo Omnibus Law, Polda Kalbar Surati Dinas Pendidikan

Antara ยท Rabu, 14 Oktober 2020 - 12:20 WIB
Cegah Pelajar Ikut Demo Omnibus Law, Polda Kalbar Surati Dinas Pendidikan
Kabid Humas Polda Kalbar Kombes Donny Charles Go. (iNews.id/Faisal Abubakar)

PONTIANAK, iNews.id - Polda Kalimantan Barat (Kalbar) mengimbau pelajar tidak ikut demo Omnibus Law pada Kamis (15/10/2020) besok. Kepala sekolah diminta lebih ketat mengawasi para pelajar.

Terkait imbauan tersebut, Polda Kalbar menyurati Dinas Pendidikan Provinsi Kalbar, dan Dinas Pendidikan Kota Pontianak. Surat tersebut berisi permintaan untuk mencegah agar tidak ada lagi pelajar yang ikut demo Omnibus Law seperti sebelumnya.

"Agar juga menyurati para kepala sekolah supaya lebih ketat melakukan pengawasan sehingga anak-anak jangan sampai ikut demo," tutur Kabid Humas Polda Kalbar, Kombes Donny Charles Go di Pontianak, Rabu (14/10/2020).

Dia mengatakan, larangan ikut demo tersebut karena rentan penularan Covid-19 dan membahayakan keselamatan pelajar.

Menurutnya, polisi tidak alergi dengan aksi demo ataupun unjuk rasa. Tetapi hal tersebut memang dilarang untuk pelajar. Situasi pandemi Covid-19 saat ini juga beresiko menularkan virus jika berada pada kerumunan.

"Kalau pun ada yang melakukan demo, kami akan selalu siap mengamankannya. Apalagi kalau demo dilakukan dengan tertib dan menaati protokol kesehatan, maka kami siap mengamankannya," katanya.

Sebelumnya Polda Kalbar menangkap 114 orang terkait demo menolak Omnibus Law pada 8 dan 9 Oktober 2020 yang berakhir ricuh. Polisi telah menetapkan lima orang tersangka terkait demo itu.

"Kelima tersangka tersebut ditetapkan, setelah dilakukan pemeriksaan terhadap 114 pendemo yang diamankan," ujarnya.


Editor : Reza Yunanto