Daftar Gubernur Kalimantan Barat Pertama Kali hingga Kini

Tim iNews.id ยท Sabtu, 17 September 2022 - 14:27:00 WIB
Daftar Gubernur Kalimantan Barat Pertama Kali hingga Kini
Kantor Gubernur Kalimantan Barat. (Foto: Pemprov Kalbar)

JAKARTA, iNews.id - Daftar Gubernur Kalimantan Barat pertama kali hingga kini telah berjumlah 9 orang. Kalimantan Barat merupakan salah satu provinsi di Pulau Kalimantan yang berbatasan langsung dengan Malaysia.

Terdapat akses jalan darat untuk keluar masuk ke Malaysia melalui Pos Lintas Batas Negara (PLBN) yang terdapat di beberapa kabupaten seperti PLBN Entikong di Sanggau, PLBN Badau di Kapuas Hulu dan PLBN Aruk di Sambas.

Luas Kalimantan Barat mencapai 146.807 kilometer persegi yang merupakan 7,53 persen dari luas Indonesia. Kalimantan Barat merupakan provinsi dengan luas wilayah terbesar keempat.

Berikut Daftar Gubernur Kalimantan Barat Pertama Kali hingga Kini:

Gubernur Kalimantan Barat pertama Oevaang Oeray
Gubernur Kalimantan Barat pertama Oevaang Oeray

1. Johanes Chrisostomus Oevaang Oeray

Johanes Chrisostomus Oevaang Oeray adalah Gubernur Kalimantan Barat pertama yang menjabat pada periode 1960-1966. Dia berasal dari suku Dayak dan merupakan salah satu pendiri Partai Persatuan Dayak yang pernah menjadi peserta Pemilu 1955.

2. Soemadi

Soemadi merupakan Gubernur Kalimantan Barat kedua yang menjabat periode 1967-1972. Dia merupakan seseorang yang berlatar belakang tentara dan aktif di partai politik.

Editor : Reza Yunanto

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: