Daftar Gubernur Kalimantan Barat Pertama Kali hingga Kini

Tim iNews.id ยท Sabtu, 17 September 2022 - 14:27:00 WIB
Daftar Gubernur Kalimantan Barat Pertama Kali hingga Kini
Kantor Gubernur Kalimantan Barat. (Foto: Pemprov Kalbar)

JAKARTA, iNews.id - Daftar Gubernur Kalimantan Barat pertama kali hingga kini telah berjumlah 9 orang. Kalimantan Barat merupakan salah satu provinsi di Pulau Kalimantan yang berbatasan langsung dengan Malaysia.

Terdapat akses jalan darat untuk keluar masuk ke Malaysia melalui Pos Lintas Batas Negara (PLBN) yang terdapat di beberapa kabupaten seperti PLBN Entikong di Sanggau, PLBN Badau di Kapuas Hulu dan PLBN Aruk di Sambas.

Luas Kalimantan Barat mencapai 146.807 kilometer persegi yang merupakan 7,53 persen dari luas Indonesia. Kalimantan Barat merupakan provinsi dengan luas wilayah terbesar keempat.

Berikut Daftar Gubernur Kalimantan Barat Pertama Kali hingga Kini:

Gubernur Kalimantan Barat pertama Oevaang Oeray
Gubernur Kalimantan Barat pertama Oevaang Oeray

1. Johanes Chrisostomus Oevaang Oeray

Johanes Chrisostomus Oevaang Oeray adalah Gubernur Kalimantan Barat pertama yang menjabat pada periode 1960-1966. Dia berasal dari suku Dayak dan merupakan salah satu pendiri Partai Persatuan Dayak yang pernah menjadi peserta Pemilu 1955.

2. Soemadi

Soemadi merupakan Gubernur Kalimantan Barat kedua yang menjabat periode 1967-1972. Dia merupakan seseorang yang berlatar belakang tentara dan aktif di partai politik.

3. Kadarusno

Kadarusno merupakan Gubernur Kalimantan Barat ketiga. Dia juga berlatar belakang tentara. Saat terpilih menjadi gubernur, Kadarusno masih menjabat Komandan Korem (Danrem) 121/ABW Sintang dengan pangkat kolonel. Dia menjadi gubernur periode 1972-1977 dan pensiun dengan pangkat Birgjen.

4. Soedjiman

Soedjiman adalah Gubernur Kalimantan Barat keempat. Sama seperti dua pendahulunya, Soedjiman juga seorang tentara. Dia diangkat menjadi gubernur saat berpangkat Brigjen dan menjabat Kepala Staf Kodam XIII/Tanjungpura. Dia menjadi gubernur periode 1978-1988 dan pensiun dengan pangkat Mayjen.

Sosok Soedjiman adalah tokoh penting yang menangkap Brigjen Soepardjo, salah satu perwira TNI yang menyokong Gerakan 30 September 1965.

5. Parjoko Suryokusumo

Parjoko Suryokusumo juga Gubernur Kalimantan Barat berlatar belakang tentara. Dia menjadi gubernur periode 1987-1993, namun baru dilantik pada 1988. Sebelum dilantik menjadi gubernur, Parjoko yang berpangkat Mayjen menjabat Pandam XII/Tanjungpura. 

6. Aspar Aswin

Aspar Aswin adalah Gubernur Kalimantan Barat keenam. Dia juga berlatar belakang tentara dan mengakhiri karier di militer dengan pangkat Mayjen.

Menariknya, Aspar Aswin pernah menjabat Wakil Gubernur Bali periode 1993. Setelah itu, dia terpilih menjadi Gubernur Kalimantan Barat dua periode sejak 1993 hingga 2003.

7. Usman Jafar

Usman Jafar adalah Gubernur Kalimantan Barat ketujuh. Dia terpilih menjadi gubernur untuk periode 2003-2008. Usman Jafar adalah pengusaha nasional di Jakarta dan terjun ke politik bersama Partai Persatuan Pembangunan (PPP). 

Setelah tak lagi menjadi gubernur, dia sempat menjadi anggota DPR dua periode 2009-2014 dan 2014-2019 dari daerah pemilihan Kalimantan Barat.

Mantan Gubernur Kalimantan Barat, Cornelis kini anggota DPR. (Antara)
Mantan Gubernur Kalimantan Barat, Cornelis kini anggota DPR. (Antara)

8. Cornelis

Cornelis adalah Gubernur Kalimantan Barat kedepalan. Dia menjabat dua periode sejak 2008 hingga 2018.

Cornelis berlatar belakang seorang aparatur sipil negara. Pernah menjadi camat, dia terpilih menjadi Bupati Landak dua periode 2001 hingga 2008 dan berhenti karena mengikuti pemilihan gubernur (Pilgub) pada tahun yang sama.

Cornelis bergabung dengan PDIP dan memenangi Pilgub dengan wakilnya Christiandy Sanjaya. Setelah tak menjadi Gubernur Kalimantan Barat, Cornelis kini menjadi anggota DPR.

Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji (foto: iNews.id)
Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji (foto: iNews.id)

9. Sutarmidji

Sutarmidji merupakan Gubernur Kalimantan Barat kesembilan dan menjabat saat ini. Dia menjadi gubernur periode 2018-2023.
'
Sutarmidji berlatar belakang seorang dosen di Universitas Tanjung Pura (Untan) Pontianak. Dia mulai terjun ke politik dengan bergabung ke Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Setelah terpilih menjadi anggota DPRD Kota Pontianak, dia maju dalam Pilkada dan terpilih sebagai Wali Kota Pontianak pada 2008-2013 dan terpilih kembali pada 2013-2018.

Pada pilgub 2018, Sutarmidji yang menggandeng Bupati Mempawah Ria Norsan meraih suara terbanyak.

Editor : Reza Yunanto

Follow Berita iNewsKalbar di Google News

Bagikan Artikel: